Valentino Rossi: M1 2020 Tidak Memenuhi Ekspektasi

Valentino Rossi: Tak Mudah Beradaptasi dengan Trek
Valentino Rossi: Tak Mudah Beradaptasi dengan Trek

RiderTua.com – Valentino Rossi: M1 2020 tidak memenuhi ekspektasi… Setelah berada di urutan ke-18 di MotoGP Valencia-2 pada sesi latihan hari Jumat, bintang Yamaha itu melayangkan satu pertanyaan, apakah Yamaha M1 2020 saat ini bahkan lebih buruk daripada ‘A-spec’ 2019 Franco Morbidelli?.. Bagi jajaran pembalap Yamaha, kekhawatiran masih membuncah dalam benak mereka pada latihan bebas hari Jumat di MotoGP Valencia-2. Setelah Maverick Vinales finis di urutan ke-10, ke-16 untuk Quartararo dan ke-18 untuk Rossi. Hanya Franco Morbidelli (urutan ke-8) yang puas dengan kecepatannya.

Valentino Rossi: M1 2020 Tidak Memenuhi Ekspektasi

Tidak seperti rekan semereknya yang lain, Morbidelli menggunakan motor spesifikasi A tahun 2019 dan bukan spek pabrikan saat ini. “Saya hanya berbicara dengan Maverick, kami memiliki masalah yang kurang lebih sama. Motor terlalu banyak bergerak di bagian belakang dan kami memiliki terlalu sedikit grip di roda belakang,” ungkap Rossi, Jumat malam.

“Saya belum mendengar kabar dari Quartararo. Aku hanya berbicara sebentar dengan Franco, yang cukup puas. Franco sangat-sangat cepat. Saya pikir dia memiliki kecepatan terbaik dan dia memakai motor lama. Kami masih memperdebatkannya, tapi menurut saya performa kedua motor ini tidak terlalu berbeda,” tambah pembalap pabrikan Yamaha berusia 41 tahun itu.

Kecewa dengan Performa M1 2020

Valentino tidak merahasiakan kekecewaannya. “Di Yamaha, kami memiliki ekspektasi yang tinggi untuk motor 2020. Karena kami diberi tahu bahwa, Yamaha telah berusaha sangat keras untuk membuat mesin lebih cepat dan motornya jelas mengalami peningkatan secara keseluruhan.”

“Sebaliknya, di sisa dua balapan ini kami masih belum mengerti apakah motor baru lebih baik dari yang lama. Itu artinya mereka hampir sama. Yang satu bekerja lebih baik di beberapa lintasan, sementara yang lain, tidak. Yang pasti langkah kinerja yang kita harapkan agar bisa kompetitif, tidak ada,” tandas Vale.

Untuk diketahui, Yamaha hanya mencatatkan 6 kemenangan dalam 12 balapan musim ini. Pembalap berpengalaman asal Italia itu menambahkan, “Yamaha kompetitif di trek tertentu tahun ini. Kami memenangkan 6 balapan. Franco menang di Aragon, tetapi di trek di mana kami kesulitan, masalahnya selalu sama. Dan seperti yang saya katakan beberapa kali, Yamaha harus bekerja keras pada mesin karena kami memiliki masalah dengan itu dibandingkan dengan yang lain,” pinta Rossi.

Mengenai tempat ke-18 dan waktu 0,749 detik di belakang catatan waktu terbaik Jumat, The Doctor berkata, “Saya tidak terlalu jauh karena semua pembalap berdekatan. Tapi peringkat saya sangat buruk. Besok kami akan mencoba sesuatu yang berbeda dan mencoba memperbaiki situasi grip pada roda belakang, terutama saat memasuki tikungan. Dan kami berharap kemudian menjadi lebih kompetitif.”

Be the first to comment

Leave a Reply