Produksi Mobil Daihatsu Kini Tembus 30 Juta Unit!

RiderTua.com – Pada akhirnya produksi mobil Daihatsu kini sudah mencapai lebih dari 30 juta unit. Angka produksi ini dihitung dari jumlah unit yang dirakit di sejumlah pabriknya di Jepang, dan itu tentu saja angka yang tak sedikit. Produksi mobil Daihatsu kini masih agak terganggu dari kondisi yang terjadi sekarang. Tapi itu tak membuat pencapaiannya tak bisa terwujud begitu saja.

Produksi Mobil Daihatsu Kini Agak Terganggu

Angka ini dicatat sejak Daihatsu memulai produksi kendaraan pada tahun 1931 silam. Meskipun merek otomotif tersebut pertama kali didirikan di tahun 1907, tapi saat itu mereka baru membuat mesin pembakaran internal saja. Dan sekitar 2 dekade setelahnya barulah mereka membuat kendaraan pertamanya.

Pencapaian tersebut tentu menjadi suatu kebangaan tersendiri bagi Daihatsu, karena mereka masih terus memproduksi mobil selama beberapa dekade. Unit yang dirakit bermacam-macam, dari CBU (completely built-up) sampai CKD (completely knock down). Sebagian unit ini ada yang dijual di dalam negeri sampai diekspor, mungkin termasuk Indonesia.

Produksi mobil Daihatsu kini
(Foto: viva)

Produksi Sejak 1930-an

Daihatsu memulai produksi kendaraannya dengan mobil roda tiga bermesin 500 cc dan populer di kampung halamannya saat itu. Salah satu diantaranya yaitu Daihatsu Midget, atau akrab disebut bemo di Indonesia. Dari desainnya tentu banyak masyarakat yang sudah tak asing lagi, sehingga ini menandakan kalau Midget pernah merasakan masa kejayaannya di masa lalu.

Tahun 1958 menjadi awal dari produksi kendaraan roda empat dari Daihatsu dengan dikenalkannya model truk Vesta atau V-Series. Beberapa tahun kemudian, divisi Toyota ini mulai mengenalkan model ikonik lainnya seperti Hijet dan Mira. Sejak saat itu, mereka memperluas jaringan pabrik produksinya di Negeri Sakura untuk mempermudah prosesnya.

Setelah bertahun-tahun lamanya akhirnya Daihatsu mengeluarkan terobosan baru dalam pengembangan mobilnya. Yaitu platform DNGA alias Daihatsu New Global Architecture, yang pertama kali dipakaikan pada si kembar Rocky-Raize. Daihatsu akan memberikan banyak inovasi baru lainnya untuk konsumennya di seluruh dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply