Tertimpa Tangga: Yamaha Kena Sanksi Pengurangan Poin

Sanksi Yamaha Adil atau Tidak?
Sanksi Yamaha Adil atau Tidak?

RiderTua.com – Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga. Yamaha kena sanksi berupa pengurangan poin di seri Jerez (awal musim). Akibatnya ada penurunan poin yang serius pada kejuaraan (kategori konstruktor dan tim) sementara poin pembalap aman. Kenapa hanya seri Jerez yang dimasalahkan?.. Yamaha dikenai sanksi 50 poin karena “gagal mematuhi protokol yang mengharuskan mereka memperoleh persetujuan bulat dari MSMA untuk perubahan teknis”.. Diduga Yamaha mengganti beberapa valve yang salah, setelah seri pembukaan tahun 2020 untuk komponen baru dari pemasok lain. Penggantian valve ini tanpa persetujuan bulat dari MSMA (Asosiasi pabrikan MotoGP)..

Tertimpa Tangga: Yamaha Kena Sanksi Pengurangan Poin di Jerez

Yamaha tidak meminta izin dari MSMA untuk perubahan teknis di Jerez GP pada (19 Juli 2020). Dan sebulan setelahnya di balapan MotoGP Austria 2020, (13 Agustus 2020), Yamaha mengadakan rapat dengan MSMA (Motor Sport Manufacturer Association) untuk minta izin membuka segel mesin. Badan penegak aturan MotoGP, FIM Stewards Panel, tetap bungkam tentang jenis hukuman yang sebenarnya. Namun, hanya mengonfirmasi bahwa aturan telah dilanggar dan tidak menjelaskan secara rinci tentang detail pasti dari pelanggaran yang dilakukan.

Jadwal MotoGP 2020 Terbaru (Portugal)

Penyelidikan yang sudah berlangsung untuk mengetahui apakah Yamaha menggunakan katup non-homolog di MotoGP Jerez (pertama) pada bulan Juli baru saja dikonfirmasi. Pengurangan poin yang diumumkan juga telah dikonfirmasi oleh pihak berwenang di bagian teknis MotoGP. Danny Aldridge, Direktur Teknik MotoGP, membuktikan hari ini di Gran Premio de Europa di Valencia bahwa… Yamaha Motor Company tidak mendapat izin dari asosiasi pabrikan MSMA untuk perubahan teknis di Jerez GP pada 19 Juli.

Yamaha Motor Company kehilangan 50 poin dalam kejuaraan konstruktor, dua kali jumlah poin yang dimenangkan di Jerez. Selain itu, Tim Pabrikan Monster Yamaha akan dikurangi 20 poin untuk kategori Tim, yang dimenangkan Maverick Vinales di GP Spanyol pada 19 Juli.

Tertimpa Tangga: Yamaha Kena Sanksi Pengurangan Poin di Jerez

Dan tim Petronas SRT Yamaha kehilangan 37 poin di kejuaraan beregu (tim). Yang kemungkinan merupakan kesalahan perhitungan karena Quartararo dan Morbidelli hanya mendapat 25 dan 11 poin, yaitu 36.

Tidak ada sanksi yang dijatuhkan kepada poin rider ( kategori pembalap) karena dapat diasumsikan bahwa pembalap tidak mengetahui rahasia intrik Yamaha. Alasan sanksi yang diberikan adalah: Yamaha dan kedua tim (Monster dan Petronas) yang terkena sanksi tidak mematuhi protokol perubahan teknis.

Yamaha menyerahkan kemimpinannya atau lengser dalam kejuaraan konstruktor. Selain itu, Tim Monster Yamaha turun dari posisi keempat menjadi kelima di belakang Red Bull-KTM di kategori Tim.

1 Comment

Leave a Reply