Produksi Xpander di Malaysia Sudah Dimulai!

RiderTua.com – Mitsubishi mengumumkan produksi Xpander di Malaysia sudah bisa dimulai pada minggu ini. Sehingga nantinya mobil yang sudah dirakit tersebut sudah bisa dikirim ke konsumen setelah peluncurannya pada bulan November. Produksi Xpander di Malaysia sebenarnya sudah lama diprediksi lewat spyshot yang beredar. Mungkin mereka ingin agar harga jual disana jadi lebih murah.

Produksi Xpander di Malaysia Sudah Lama Diprediksi

Sejauh ini, sudah ada dua lokasi yang dipilih untuk merakit Xpander di luar basisnya di Indonesia, yaitu Vietnam dan Malaysia. Jauh sebelumnya, Mitsubishi sempat berpikir kalau produksi Xpander akan jauh lebih mudah jika ada produsen di luar negeri yang mau merakitnya. Dua negara tersebut dipilih karena banyaknya peminat akan mobil LMPV ini.

Di Negeri Jiran, produksi Xpander ditangani oleh HICOM Automotive Manufacturer Sdn Bhd atau DRB-HICOM. Pabriknya berlokasi di daerah Pekan, Pahang, dan hanya memproduksi 6 ribu unit per tahunnya. Meski kelihatannya itu angka yang sangat kecil, tapi Mitsubishi mengatakan kalau angkanya bisa ditingkatkan lagi.

Produksi Xpander di Malaysia

Dirilis Bulan Ini

Angka produksinya memang cukup kecil, namun memang namanya masih baru jadi produksinya harus dibatasi. Jika dibandingkan dengan Indonesia, produksi Xpander bisa mencapai 5 ribu unit per bulan atau 60 ribu unit per tahunnya. Mitsubishi bisa mempertimbangkan menaikkan angka produksi di Malaysia asalkan permintaannya bisa meningkat pula.

Xpander disebut sebagai mobil istimewa bagi merek berlogo tiga berlian ini, karena banyaknya konsumen yang memesan MPV tersebut. Mungkin inilah alasan kenapa Mitsubishi ingin merakitnya secara lokal di Malaysia. Dengan begitu, harga jualnya menjadi sedikit lebih murah dan lebih kompetitif ketimbang mengimpornya.

Selain banyaknya peminat, Xpander di Negeri Jiran ternyata berbeda dengan Indonesia karena adanya tambahan fitur seperti around view monitor. Kemudian ada fitur auto wiper dan headlamp, serta touchscreen 9 inci yang didukung Apple CarPlay dan Android Auto. Seakan Xpander disana jauh lebih mewah ketimbang di Tanah Air.

Be the first to comment

Leave a Reply