Produksi Mini Countryman Dipindah Karena Alasan Ini

(Foto: publimetro.cl)

RiderTua.com – Kabar soal produksi Mini Countryman yang akan dipindah mulai menimbulkan pertanyaan. Terlebih model ini tak pernah mengalami masalah sebelumnya, dan tiba-tiba saja divisi BMW tersebut ingin memindahkannya. Ternyata produksi Mini Countryman dipindah ke Jerman karena kondisi yang terjadi sekarang. Selain itu, nampaknya Mini tengah menyiapkan model generasi terbarunya.

Produksi Mini Countryman Dipindah Karena Kondisi Sekarang

Countryman sudah lama diproduksi di pabriknya yang berlokasi di Born, Belanda, sejak tahun 2016. Mobil ini merupakan model facelift F60 yang dirilis di tahun yang sama, dan diproduksi oleh VDL Nedcar. Perusahaan ini cukup terkenal disana sebagai perusahaan otomotif yang menangani perakitan mobil dari luar negeri.

Tapi kini BMW Group memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak perakitan Countryman kepada VDL Nedcar. Merek asal Jerman ini mengaku kalau keputusan ini dibuat bukan karena kualitas produksi, pengiriman, serta daya saing VDL yang buruk. Melainkan karena kondisi pasar yang seperti ini memaksa mereka untuk menghentikan produksinya di Belanda.

Produksi Mini Countryman dipindah

Dipindah ke Jerman

Tentu dengan keadaan pasar roda empat yang masih belum pulih sepenuhnya, distribusi komponen hingga suku cadang mobil sempat terganggu. Walau kondisinya sudah agak membaik di Eropa, nyatanya efeknya masih terasa sampai sekarang. Padahal sebelumnya VDL mampu menyumbang 30 persen penjualan Countryman pada tahun lalu.

Selain karena kondisi yang terjadi sampai saat ini, BMW juga menyiapkan tempat baru untuk Countryman jelang produksi generasi terbarunya. Modelnya yang sekarang memang sudah cukup berumur, dan Mini ingin fokus ke generasi ketiga dengan pemindahan produksinya ke tempat asalnya di Jerman. Terakhir model ini mendapat penyegaran sekitar beberapa bulan lalu.

Meski Countryman harus dihentikan produksinya, VDL masih bisa membuat model lainnya seperti Mini Convertible dan BMW X1. Keputusan BMW ini juga tak berdampak ke negara perakitan Countryman, seperti Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply