Mobil Mini Versi Convertible Tak Diproduksi Lagi ?

RiderTua.com – Kabar mengenai mobil Mini versi convertible yang akan disuntik mati membuat semua orang terkejut. Padahal biasanya Mini dikenal membuat sejumlah produk atap terbuka yang begitu apik. Mobil Mini versi convertible ini takkan diproduksi lagi mulai tahun 2024. Jadi usia jenis model tersebut masih cukup lama, walau itu hanya bertahan sebentar.

Baca juga: Produksi Mobil Listrik MINI Sudah Capai 11 Ribu Unit

Mobil Mini Versi Convertible Takkan Diproduksi Lagi

Mini Convertible memang sudah menjadi identitas tersendiri bagi divisi mobil mungil BMW ini. Penjualannya cukup lumayan, meski tak setinggi model non-convertible lainnya. Jadi kalau penjualannya masih baik-baik saja, kenapa harus dihentikan? Ternyata ini ada hubungannya dengan keadaan pasar di Amerika Serikat.

Model ini ternyata hanya mampu menjual 4 ribu unit mobil sepanjang tahun 2019 lalu di Negeri Paman Sam. Meski hasilnya masih terlihat lumayan untuk penjualan mobil mungil nan mewah, tapi hasil tersebut masih kurang dari cukup. Hal yang sama juga terjadi pada Clubman, walau nasibnya belum dipastikan apakah akan berakhir seperti Convertible atau tidak.

Mobil Mini versi convertible akan disuntik mati di AS

Ribet Dirawatnya?

Selain karena penjualannya, Mini mengungkapkan alasan lain kenapa Convertible tak bisa bertahan lama. Sebagai contohnya, Cooper versi atap terbuka disebut perawatannya jauh lebih ribet daripada model biasanya. Terlebih pasar convertible lebih mengarah ke mobil atap terbuka yang lebih sporty, contohnya Mazda MX-5 Miata.

Mini sepertinya harus bertahan ditengah derasnya tren mobil SUV atau crossover. Kebanyakan modelnya masih berupa hatchback, tapi kini perlahan sudah ditinggalkan oleh konsumen, begitupun dengan sedan dan convertible. Mereka belum memastikan kapan mereka bisa membuat jenis mobil yang lagi ngetren tersebut.

Beruntung yang dihentikan produksinya hanya Mini Convertible di pasar AS saja, walau tak menutup kemungkinan negara lainnya akan menyusul. Sementara itu, mereka masih bergantung pada penjualan model dari Cooper hingga John Cooper Works (JCW), termasuk edisi terbatasnya. Peminat mobil Mini memang masih cukup banyak, tapi belum jelas bagaimana dengan versi convertible-nya.

Be the first to comment

Leave a Reply