Toyota Rush Rajai Penjualan, BR-V Makin Terseret?

New Toyota Rush 2018
New Toyota Rush 2018

RiderTua.com – Nampaknya Toyota Rush masih rajai penjualan mobil low SUV hingga bulan September kemarin. Hasilnya juga terus menunjukkan hasil positif sejak penjualannya merosot drastis pada April dan Mei lalu. Toyota Rush rajai penjualan mobil sekelasnya, dari Xpander Cross hingga kembarannya sendiri, Terios. Tapi ada yang aneh, karena Honda BR-V yang terjual lebih sedikit dari model LSUV lainnya.

Toyota Rush Rajai Penjualan Mobil Sekelasnya

Sepanjang tahun ini, hasil penjualan yang didapat oleh Rush memang cukup stabil, meski pada April dan Mei sempat terpuruk. Selama itu, LSUV andalan Toyota ini hanya terjual masing-masing 218 unit dan 114 unit. Tapi ternyata hasil tersebut masih bisa mempertahankan kedudukan Rush di posisi puncak penjualan LSUV dengan 19.084 unit terjual sejak Januari hingga September.

Di tempat kedua ada Daihatsu Terios yang mampu menjual hingga 9.914 unit di periode yang sama, dan kalau dilihat selisihnya cukup jauh dari kembarannya sendiri. Performa penjualannya memang tak semulus Rush, karena angka penjualan tiap bulannya tak sampai menembus 2 ribu unit. Bahkan bulan Mei saja tak ada unit Terios yang terjual alias kosong.

Toyota Rush rajai penjualan

BR-V Makin Terdesak?

Selanjutnya ada Mitsubishi Xpander Cross dengan perolehan hasil mencapai 7.819 unit. Hasil ini memang tak sebanyak model LMPV-nya, tapi kalau melihat dari performa penjualannya, Xpander Cross masih lebih beruntung dari Terios. Walaupun selama beberapa bulan belakangan model ini harus bisa menjual lebih dari 1.000 unit, atau lebih baik dari itu.

Suzuki XL7 menempati posisi keempat di kelasnya. Mobil ‘Ertiga versi crossover’ ini terjual sebanyak 6.830 unit dari bulan Januari hingga September. Penjualan di bulan Februari sempat naik drastis setelah diluncurkan, tapi mulai menurun seiring dengan kondisi saat itu yang sempat memburuk. Kini XL7 harus berjuang untuk menaikkan angka penjualannya yang nampaknya mulai naik turun.

Lain XL7, lain pula dengan Honda BR-V, dimana LSUV ini hanya bisa menjual 1.172 unit, jauh lebih sedikit dari XL7. Layaknya Terios, BR-V tak mencatatkan angka penjualan pada bulan Mei, dan seperti XL7, angkanya naik turun sejak saat itu. BR-V tak mendapatkan model generasi terbaru sejak pertama kali diluncurkan, dan sepertinya inilah yang membuat hasil penjualannya tak semaksimal model sekelasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply