25 Tahun Honda CR-V, SUV yang Kini Makin Irit Bensin

(Foto: Auto Express)

RiderTua.com – Tak terasa sudah berjalan 25 tahun sejak Honda CR-V dijual di pasar global. Tentu banyak orang di dunia termasuk di Indonesia sudah tak asing dengan mobil SUV yang satu ini. Perjalanan 25 tahun Honda CR-V dilalui dengan berbagai peningkatan performa dan fungsinya. Tak lupa efisiensi bahan bakarnya dipentingkan mengingat SUV terkenal boros bensin.

25 Tahun Honda CR-V Dilalui Dengan Peningkatan

Memiliki nama panjang ‘Comfortable Runabout Vehicle’, CR-V pertama kali dijual pada tahun 1995 di Jepang. Sebelum Honda merilisnya di berbagai wlayah seperti Amerika Utara, Inggris, sampai negara di Asia termasuk Indonesia. CR-V diproduksi lokal di Tanah Air dari tahun 1999 sampai tahun 2003, sebelum generasi keduanya dirilis.

Model generasi kedua CR-V mengalami peningkatan drastis pada mesinnya, tak hanya pada performanya saja, tetapi juga efisiensi bahan bakarnya yang mengandalkan i-VTEC. Teknologi ini dipertahankan pada generasi ketiga yang resmi dikenalkan pada tahun 2007. Saat itulah, CR-V Diesel pertama kali dijual di Benua Eropa.

25 tahun Honda CR-V

Makin Meningkat

Sekitar empat tahun setelahnya, CR-V memasuki generasi selanjutnya, tapi tetap mempertahankan mesin dengan performa dan efisiensi bahan bakar yang sama dari model sebelumnya. Mesin terbaru baru diberikan pada CR-V untuk model generasi kelima yang dirilis tahun 2017, dengan mesin VTEC serta Earth Dreams Technology. Sehingga efisiensinya semakin lebih baik dari mesin generasi terdahulu.

Kini Honda memberikan peningkatan lebih besar pada CR-V versi PHEV, dan tentu saja mengandalkan hybrid plug-in. Mesin 2.0 liter dari Honda ini disebut memiliki efisiensi bahan bakar 90 km/liter. Ditambah dengan motor listrik, maka lengkaplah mobil yang irit BBM serta lebih ramah lingkungan.

Tapi CR-V yang satu ini hanya tersedia di Negeri Tirai Bambu saja, belum jelas apakah akan dirilis di berbagai negara setelahnya. Sementara itu, mobil ini masih tetap jadi andalan Honda di Indonesia, dengan hasil penjualan mencapai 217.099 unit terjual sejak September 2000. Entah apa inovasi yang akan diberikan Honda kepada konsumen Tanah Air lewat CR-V nantinya.

Be the first to comment

Leave a Reply