Nissan Indonesia Tetap Jualan SUV X-Trail

Nissan hentikan produksi X-Trail

RiderTua.com – Meski sudah ada Terra, Nissan Indonesia tetap jualan mobil SUV andalannya, X-Trail. Terlebih setelah beredar kabar mengenai Nissan Thailand yang berencana ‘suntik mati’ model ini untuk fokus ke kendaraan ramah lingkungan. Nissan Indonesia tetap jualan X-Trail meski segmennya tak terlalu ramai seperti segmen lainnya. Bahkan mereka tak terlalu mengkhawatirkan adanya dampak tersebut.

Baca juga: Penjualan Nissan Leaf EV Sudah Capai 500 Ribu Unit !

Nissan Indonesia Tetap Jualan X-Trail Walau Segmennya Tak Ramai

Beberapa waktu lalu, Nissan Thailand mengumumkan penghentian produksi X-Trail, serta dua sedan Teana dan Sylphy. Selain karena penjualan ketiganya tak laku lagi disana, Nissan ingin fokus ke produksi kendaraan ramah lingkungan seperti Kicks e-Power. Walaupun merek mobil ini sendiri belum memastikan apakah itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

Dari ketiga produk tersebut, hanya X-Trail yang menjadi andalan Nissan di pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Meski sebenarnya model yang dijual disini adalah impor dari Jepang, bukannya Thailand. Walau begitu, sebenarnya ada model yang juga dikirim dari Negeri Gajah Putih, yaitu model T32 (generasi ketiga) Facelift.

Nissan Indonesia tetap jualan X-Trail

Tak Jadi Masalah

Nissan Motor Indonesia (NMI) sendiri tak berkomentar apapun soal disuntik matinya X-Trail di Thailand akan berdampak ke Indonesia juga. Tapi bisa dipastikan kalau mereka tetap jualan mobil SUV tersebut, walau entah sampai kapan. Jadi bisa dikatakan kalau masalah yang terjadi di Thailand takkan menjadi masalah bagi NMI.

Meski begitu, nasib X-Trail di Indonesia agaknya serupa dengan di Thailand. Entah apakah gara-gara kondisi pasar roda empat di Indonesia yang menurun atau ketatnya persaingan di kelasnya menjadi penyebab penjualan mobil ini sangatlah minim. Terakhir X-Trail tercatat sudah terjual sebanyak 115 unit sejak bulan Januari 2020 lalu.

Kabar X-Trail yang disuntik mati memang masih menjadi rumor yang beredar belakangan ini. Kalau itu benar-benar terjadi, maka NMI hanya bisa mengandalkan unit yang didatangkan dari Jepang. Dan sekali lagi, NMI takkan berpikir kalau X-Trail di Indonesia bakal bernasib serupa dengan di negeri tetangga.

Be the first to comment

Leave a Reply