Toyota dan Suzuki Kembali Bikin Mobil Baru Lagi ?

Toyota Starlet hidup kembali, tapi ganti nama dari Glanza

RiderTua.com – Sepertinya Toyota dan Suzuki siap kembali bikin mobil baru lagi setelah sukses dengan peluncuran produk anyarnya. Sebelumnya keduanya sudah mengenalkan model baru di India, dari Toyota Urban Cruiser sampai Suzuki Across. Ternyata Toyota dan Suzuki kembali membuat mobil SUV lainnya, kali ini berjenis medium. Artinya model tersebut bisa setara dengan Nissan Kicks.

Baca juga: Deretan Mobil Baru Suzuki Untuk Tahun Depan

Toyota dan Suzuki Kembali Membuat Mobil Baru

Sebelumnya mereka sukses membuat sejumlah produk rebadge yang selanjutnya dijual di India. Toyota Glanza menjadi model rebadge pertama dari aliansi kedua produsen tersebut, yang mana modelnya berbasis Suzuki Baleno. Kemudian disusul Toyota Urban Cruiser dari hasil rebadge Suzuki Vitara Brezza dan Suzuki Across dari Toyota RAV4.

Jika Urban Cruiser berjenis low SUV dan Across mid-high, maka tinggal satu segmen yang belum dijajal keduanya, yaitu medium SUV. Disinilah keduanya berencana untuk membuat mobil jenis ini untuk melawan Kia Seltos, Nissan Kicks, dan Hyundai Creta. Terlebih segmen tersebut cukup kompetitif di Negeri Bollywood.

Toyota dan Suzuki kembali buat mobil baru

Rebadge atau Dibuat Sendiri?

Belum jelas akan seperti apa modelnya nanti, entah itu berupa produk hasil rebadge dari salah satu merek atau dibuat sendiri. Dari prediksi yang ada, katanya mobil ini akan mengandalkan platform-nya Daihatsu, alias Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Satu-satunya SUV yang memakai platform ini adalah si kembar Rocky-Raize.

Mobil yang lagi ngehits di kampung halamannya ini memang punya dimensi sedikit lebih besar dari Urban Cruiser, tapi lebih kecil dari RAV4. Jika prediksinya benar, maka Raize dipastikan hadir di Negeri Bollywood dan bisa digunakan Suzuki untuk me-rebadge-nya menjadi produknya. Tapi sepertinya ada kemungkinan kalau Toyota hanya sekedar meminjam platform dari Daihatsu untuk membuat produk baru.

Raize sendiri digolongkan sebagai mini SUV ketimbang medium SUV, jadi rasanya tidak mungkin kalau itu adalah mobil baru mereka. Terlepas dari itu, kehadiran mobil baru Toyota-Suzuki patut dinanti, dengan jadwal rilisnya pada tahun 2022 mendatang.

Be the first to comment

Leave a Reply