Penjualan Sigra dan Xenia Bagaikan Langit dan Bumi…

Hasil penjualan mobil Daihatsu naik

RiderTua.com – Entah mengapa hasil penjualan Sigra dan Xenia saling berjauhan satu sama lain. Bagaikan bumi dan langit, hasil kedua mobil Daihatsu ini sangat berbeda jauh, bahkan dengan selisih sangat besar. Penjualan Sigra dan Xenia sepertinya dipengaruhi oleh tren di tiap segmennya. Atau bisa juga karena dikalahkan oleh kembarannya sendiri.

Baca juga: Lagi-lagi Sigra Tetap Jadi Mobil Andalan Daihatsu

Penjualan Sigra dan Xenia Dipengaruhi Tren

Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan hasil lebih bagus pada bulan Agustus kemarin, dengan 6.651 unit mobil terjual. Hasil ini jauh lebih baik dari bulan Juli yang hanya mencapai 1.553 unit. Walau pasar roda empat kelihatan memulih, tapi ADM tetap waspada jika suatu saat nanti kondisinya bisa memburuk lagi.

Dari hasil tersebut, Sigra tetap jadi yang nomor satu dalam penjualan mobil ADM, dengan raihan 18.410 unit sepanjang periode Januari-Agustus 2020. Hasil ini menjadi yang tertinggi, bahkan melebihi penjuaaln Gran Max Pick-up yang mencapai 14.054 unit dan Terios 9.844 unit. Sementara Ayla terjual 8.462 unit di periode tersebut, Xenia hanya sebesar 6.851 unit.

Penjualan Sigra dan Xenia berjauhan

Makin Terpuruk

Mungkin ada sesuatu yang janggal dari hasil yang didapat ADM selama Januari hingga Agustus 2020. Tentu saja karena Xenia menjadi produk Daihatsu dengan angka paling kecil jika dibandingkan dengan Sigra maupun Gran Max Pick-up. Padahal segmen low MPV masih lumayan ramai, tapi nyatanya kelas ini dikuasai oleh kembarannya sendiri, Toyota Avanza.

Sepertinga ungkapan ‘bagaikan bumi dan langit’ cocok diberikan untuk kondisi penjualan Sigra dan Xenia. Keduanya seakan memiliki nasib yang berbeda, dimana Sigra menjadi bintang di segmen LCGC, sedangkan Xenia tidak. Memang segmen mobil murah dengan 7-seater semakin ngetren ditengah model 5-seater.

Meski dengan kondisi Xenia yang kini semakin memburuk, ADM masih tetap menjualnya demi memberikan berbagai pilihan kepada konsumen. Terlebih Daihatsu masih bisa menjadi merek dengan penurunan penjualan yang tak terlalu signifikan selama beberapa bulan terakhir. Tentu sebagai merek yang ‘underrated’ mungkin keadaan pasar tak terlalu berpengaruh besar baginya.

Be the first to comment

Leave a Reply