Lagi-lagi Sigra Tetap Jadi Mobil Andalan Daihatsu

Daihatsu alami penurunan penjualan

RiderTua.com – Ketika Honda Prospect Motor (HPM) mencapai hasil positif, begitupun dengan Astra Daihatsu Motor (ADM). Hanya saja bedanya produsen ini meraih kenaikan pangsa pasar, walau kenaikannya cukup kecil. Dan lagi-lagi mobil LCGC Daihatsu, yaitu Sigra, tetap jadi andalannya dengan raihan penjualan terbesar. Bahkan sanggup mengalahkan model lainnya seperti Terios dan Gran Max.

Baca juga: Daihatsu Luncurkan Gran Max Facelift di Jepang, Diimpor dari Indonesia !

Mobil LCGC Daihatsu Sigra Jadi Andalannya

Sebenarnya penjualan ritel dari bulan Januari hingga Juni 2020 menurun 39 persen dari tahun lalu. Meski demikian, hasil ini setidaknya membuat ADM lega karena sudah sedikit lebih baik dari tahun 2019. Terbukti dengan kenaikan pangsa pasar hingga 18,1 persen.

Jika dirinci, penjualan ritel Daihatsu sepanjang periode Januari-Juni 2020 mencapai 290 ribu unit, sedangkan secara wholesales hanya 260 ribu unit. Memang hasil ini menurun dari tahun lalu sebagai akibat dari kondisi sekarang. Tapi masih ada model yang menjadi andalannya apapun keadaannya, yaitu Sigra.

Sigra dan Gran Max

Mobil LCGC 7-seater ini terjual 15.914 unit pada periode tersebut, dan mungkin hasil tersebut sudah mengungguli saudaranya sendiri, yaitu Toyota Calya. Sigra bahkan menyumbang 28,4 persen total penjualan yang didapat ADM. Kemudian Gran Max Pick-up mencatatkan hasil sebanyak 11.010 unit, atau 20,5 persen dari total keseluruhan.

Selanjutnya ada LSUV Terios dengan 8.360 unit terjual, dan jika dilihat selisihnya cukup jauh dari Sigra atau Gran Max Pikap. LCGC 5-seater Ayla menyumbang penjualan sebesar 6.682 unit, disusul Xenia 5.761 unit, Gran Max Van 5.028 unit, dan Luxio-Sirion 1.542 unit.

Sepertinya ADM masih tetap mengandalkan LCGC dan pikapnya dalam penjualannya. Mungkin mereka tak bisa mengungguli Avanza atau Rush, tapi setidaknya mereka masih punya Sigra atau Gran Max.

Be the first to comment

Leave a Reply