Populasi Mobil Listrik di Indonesia Sudah Meningkat !

RiderTua.com – Dari tahun ke tahun, populasi mobil listrik di Indonesia sudah menunjukkan kenaikan. Ini tentu menjadi kabar baik, karena pada akhirnya kendaraan ramah lingkungan mendapatkan tempat tersendiri di pasar otomotif Tanah Air. Populasi mobil listrik di Indonesia memang masih belum sebanyak mobil konvensional. Tapi ini bisa menjadi satu langkah besar bagi produsen otomotif dalam menjual produknya.

Baca juga: Ternyata Penjualan Mobil di Jepang Belum Pulih

Populasi Mobil Listrik di Indonesia Belum Sebanyak Konvensional

Memang untuk saat ini, mobil listrik kebanyakan digunakan oleh perusahaan taksi sebagai armadanya. Salah satunya Blue Bird yang mengandalkan Hyundai Ioniq, serta perusahaan lainnya dengan model lebih mewah lagi, yaitu Tesla Model X. Masih ada mobil lainnya yang dijual, termasuk mobil Hyundai Kona EV yang pernah menjadi bahan pembicaraan banyak orang.

Kalau dicermati, setidaknya ada tujuh mobil listrik – salah satunya berupa plug-in hybrid – yang kini dijual di Indonesia. Selain Ioniq, Kona EV, dan Model X, ada juga Mitsubishi Outlander PHEV, Tesla Model 3, BYD E6, serta BYD versi mobil MPV. Meskipun ada juga yang berupa model bus seperti K9 dan C6, yang mana keduanya sama-sama bermerek BYD.

Populasi mobil listrik di Indonesia meningkat
(foto: theverge.com) tesla model x

Ditingkatkan Lagi

Outlander PHEV menjadi mobil listrik paling laris se-Indonesia (walau berjenis plug-in hybrid, tapi sepertinya tetap digolongkan sebagai EV) dengan 26 unit terjual. Padahal harga mobil tersebut lumayan mahal, yaitu mencapai Rp 1,3 miliar, tentu jauh dari bayangan produk ramah lingkungan yang murah meriah. Tapi toh buktinya model ini masih tetap laris manis.

Semua mobil yang disebutkan tadi sudah lulus uji tipe oleh Kemenhub, dan total ada 2.278 unit beredar di Indonesia, dan itu termasuk sepeda motor. Diprediksi pada tahun ke depannya, jumlah mobil listrik bakal semakin banyak, meski kebanyakan produsen masih terus menguji produk yang akan dijual nantinya. Nissan sendiri pernah mengaku ingin mendatangkan produk EV terlarisnya, Leaf, ke Indonesia dalam waktu dekat.

Selain mobil listrik, jumlah mobil hybrid juga semakin bertambah banyak setelah kehadiran Kicks e-Power dan Toyota Corolla Cross Hybrid. Memang Indonesia belum siap dengan mobil hidrogen seperti yang ada di Jepang, tapi perlahan-lahan itu akan tercapai suatu hari nanti.

Be the first to comment

Leave a Reply