Ini Bedanya Toyota Alphard Dengan Vellfire

RiderTua.com – Walau berupa produk ‘kembar’, nyatanya ada bedanya Toyota Alphard dengan Vellfire. Kedua mobil MPV mewah tersebut diandalkan merek otomotif asal Jepang ini untuk mengisi segmennya. Toyota Alphard dengan Vellfire sekilas kembar tapi punya banyak perbedaan. Entah itu dari sisi eksteriornya sampai spesifikasinya.

Baca juga: Inden Toyota Yaris Facelift di Indonesia Sudah Dibuka

Toyota Alphard Dengan Vellfire Punya Perbedaan

Sebenarnya masyarakat Indonesia sudah tahu kalau Alphard dan Vellfire jauh berbeda satu sama lain jika dilihat dari tampangnya. Bahkan perbedaan keduanya sudah lama terlihat sejak generasi keduanya, dengan bentuk lampu depannya yang beda jauh. Jika Alphard hanya punya satu pasang lampu depan (termasuk sein), Vellfire dibuat terpisah sehingga seakan terlihat seperti ’empat mata’.

Kemudian bentuk grille-nya berbeda jauh, dengan Alphard yang grille-nya jauh lebih besar (sama besarnya dengan Lexus LM) dari Vellfire. Bagian belakangnya juga beda, walau perbedaannya terletak pada bentuk lampu serta hiasan kromnya. Secara keseluruhan bodinya keduanya terlihat sama persis, karena tentu saja Vellfire (dan Lexus LM) dibuat dari Alphard.

Toyota Alphard dengan Vellfire beda satu sama lain
toyota-alphard-2018

Beda Satu Sama Lain

Dari sisi interior, Alphard sepertinya punya eksklusivitas lebih tinggi dari Vellfire, karena warna kabinnya bisa dipilih oleh konsumen. Meski begitu, aksen kayu masih tetap dipertahankan untuk membuatnya terlihat makin mewah dan alami. Pada Vellfire, aksen kayunya memiliki warna lebih gelap, senada dengan interiornya yang berwarna hitam.

Kalau Vellfire mengandalkan satu jenis mesin, yaitu 2.5 GA/T, maka Alphard punya empat jenis, yaitu X, G, Q dan hybrid. Untuk fitur, keduanya sama-sama dilengkapi dengan 7 airbag (terbatas pada sejumlah trim Alphard) serta Toyota Safety Sense. Lalu fitur pendukung seperti panoramic sunroof, pendingin dan penghangat jok, serta mirroring smartphone sudah tersedia pada keduanya.

Untuk harga jangan ditanya lagi, karena keduanya punya selisih yang sangat jauh. Alphard trim tertinggi saja nyaris menembus Rp 2 miliar dan Vellfire mencapai Rp 1,2 miliar. Jadi bisa disimpulkan kalau Vellfire adalah ‘versi termurahnya’, sedangkan Alphard yang paling mewah, atau mungkin setara dengan Lexus LM.

Be the first to comment

Leave a Reply