Hyundai Palisade Mau Masuk ke Indonesia ?

RiderTua.com – Tak disangka kalau Hyundai Palisade dikabarkan mau masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Sepertinya ini menjadi pertanda kalau merek mobil asal Korea Selatan tersebut makin serius dalam menjalani bisnisnya disini. Entah kapan Hyundai Palisade mau masuk ke Tanah Air, mungkin akhir tahun ini atau setelahnya. Tentu ini akan menjadi sesuatu yang bagus.

Baca juga: Mobil Baru Hyundai Custo Tengah Digarap ?

Kapan Hyundai Palisade Mau Masuk ke Tanah Air

Nama Palisade sempat terungkap lewat situs Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta. Dari sekian model yang tercatat didalamnya, terlihat jelas nama mobil SUV tersebut, dengan kode Palisade ’22LX2CRDI2WA’ serta banderol Rp 459 jutaan. Bisa dipastikan kalau kode tersebut adalah tipenya, lengkap dengan harganya (walau ini bisa berubah sewaktu-waktu).

Jika diterjemahkan satu persatu, CRDI adalah singkatan dari common rail direction injection, yang mengarah ke jenis mesin diesel Palisade. ’22L’ kemungkinan adalah kapasitas mesinnya yang mencapai 2.200 cc bertenaga 200 ps. Sementara ‘LX2’ tentu saja adalah kode model itu sendiri, atau bisa dikatakan sebagai trim-nya.

Hyundai Palisade mau masuk Indonesia, ini buktinya
(autonetmagz.com)

SUV Bongsor

Di luar negeri, Palisade bisa dikatakan sebagai kembarannya Santa Fe, hanya saja ukurannya jauh lebih bongsor dan lebih digolongkan sebagai penerusnya. Mobil ini juga menjadi ‘kerabat’ dekat dengan Kia Telluride, walau menjadi pesaing ketat di kelasnya, bersama dengan Ford Explorer dan Toyota Highlander. Jadi kalau begitu, Palisade masuk kelas mana di Indonesia?

Jika melihat dari spesifikasinya, Palisade lebih cocok dimasukkan ke dalam segmen SUV medium bersama dengan Mazda CX-8. Model ini memang punya spek yang mendekati Palisade, terlebih banderolnya yang mencapai Rp 500 jutaan tentu membuatnya bisa bersaing dengan CX-8. Sepertinya hanya CX-8 yang menjadi calon rival paling setara dengannya, sedangkan model lainnya rasanya belum pas.

Tak hanya Palisade yang terpampang dalam situs tersebut, tetapi juga model lainnya seperti Kona EV hingga Ioniq. Kedua mobil ramah lingkungan ini akan hadir di Indonesia, setidaknya setelah Palisade meluncur. Apakah model kembaran Telluride ini bisa menjadi penantang bagi CX-8?

Be the first to comment

Leave a Reply