Sistem Tukar Baterai Sudah Dipatenkan Kawasaki

RiderTua.com – Memang perkembangan sepeda motor listrik belum secepat mobil listrik yang sudah memasuki tahap lebih tinggi. Walau begitu, sudah ada produsen yang memulai duluan merancang modelnya, bahkan sistemnya yang unik. Seperti sistem tukar baterai alias battery swap yang baru saja dipatenkan oleh Kawasaki. Ternyata sistem ini akan dipakaikan pada motor listriknya, Endeavor.

Baca juga: Setelah Indonesia, Kawasaki ZX-25R Mampir di Thailand

Sistem Tukar Baterai Baru Dipatenkan Kawasaki

Mungkin ini terdengar cukup aneh bahkan bisa dibayangkan sebagai sistem yang rumit, tapi tetap saja inovatif. Karena Kawasaki yang akan mengembangkannya untuk pertama kalinya. Walau teknologi semacam ini takkan bisa dijumpai pada model manapun selain Endeavor.

Sistem battery swap ini akan menggabungkan baterai dengan sistem kontrol elektronik. Jadi bisa dikatakan cukup rumit dan agak susah untuk membayangkannya. Tapi gambar patennya bisa memperlihatkan sistem tersebut pada motor listrik ini nantinya.

Belum Siap Diproduksi

Jika nantinya Endeavor sudah diproduksi massal, maka Kawasaki harus memisahkan produksi komponen mekaniknya. Jadi untuk baterai dan sistem elektroniknya akan digarap masing-masing. Nantinya dealer yang akan memasang baterai pada rangka motor.

Soal Endeavor, motor ini dibuat dari komponen model Kawasaki lainnya, seperti Z400 dan Z650. Kemudian desain full-fairing-nya agak mirip dengan Ninja 1000SX atau 400. Desain awalnya masih terlihat kurus, tapi kini sudah terlihat lebih gahar seperti model Kawasaki lainnya.

Kawasaki masih belum bisa memproduksi Endeavor untuk sekarang karena ada yang harus diselesaikan. Jadi walau harus menunggu lama, setidaknya semua orang bisa tahu bagaimana penampilan serta teknologi yang akan dibawakan pada model ini.

Be the first to comment

Leave a Reply