Indonesia Jadi Pasar Suzuki Terbesar Ketiga di Dunia !

RiderTua.com – Walau kondisi pasar otomotif Indonesia tak terlalu baik saat ini, tapi Suzuki seakan tak terlalu terpengaruh karenanya. Merek mobil ini bahkan melihat pasar Tanah Air sangat menjanjikan bagi mereka. Terbukti dengan penjualan pada tahun fiskal 2019-2020 yang didapat, membawa Indonesia sebagai pasar terbesar Suzuki yang ketiga di dunia. Meski dibawah India dan Jepang, tapi mampu mengungguli Thailand dan China.

logo suzuki

Baca juga: Suzuki Ertiga ‘Terancam’ Disenggol XL7 ?

Indonesia Sebagai Pasar Terbesar Suzuki

Secara global, Suzuki Motor Corporation mampu menjual hingga 2,85 juta unit selam tahun fiskal tersebut. Dari hasil ini, India menyumbang paling banyak, yaitu mencapai 1,43 juta unit! Tak salah lagi jika Negeri Bollywood menjadi negara yang sangat diandalkan Suzuki.

Kemudian disusul Jepang dengan 672 ribu unit terjual, dan Indonesia sebesar 105 ribu unit. Tapi jangan berkecil hati dulu, karena hasil ini adalah yang paling tinggi di ASEAN. Itu dari total unit yang terjual sebesar 306 ribu unit di pasar Asia (kecuali India dan Jepang) dan 178 ribu unit dalam kawasan ASEAN.

Lebih Unggul

Hasil dari Suzuki Indonesia dinilai lebih tinggi dari negara lainnya. Seperti Pakistan dengan 90 ribu unit terjual, Thailand 25 ribu , Filipina 23 ribu, dan China 19 ribu. Padahal Thailand dan China menjadi dua pasar yang sangat menjanjikan bagi produsen otomotif dunia.

(Suzuki Philippines)

Ada penjualannya yang terdorong berkat Ertiga dan model Suzuki lainnya seperti Swift. Sepertinya LMPV ini tak hanya laris di Indonesia, tetapi juga di negara lain seperti Filipina. Suzuki juga menjual mobil hybrid dan jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Di Indonesia, mobil hybrid dari Suzuki masih belum dijual. Kalaupun ada, itupun Ertiga Diesel Hybrid yang sudah tak dilanjutkan lagi sejak masuk ke generasi keduanya. Entah apakah Suzuki Indonesia jadi mengenalkan Ertiga Hybrid dalam waktu dekat.

Be the first to comment

Leave a Reply