Kehadiran Honda City Hatchback Sudah Semakin Dekat ?

Desain paten Honda City Hatchback

RiderTua.com – Saat Honda Jazz (Fit) generasi terbaru diluncurkan di Jepang, model internasionalnya seakan ditinggal begitu saja. Ada yang menduga kalau hatchback ini akan digantikan dengan mobil lain di negara di kawasan ASEAN. Dari rumor beredar menyebut kalau City Hatchback akan gantikan posisi Jazz di pasar luar Jepang. Kini sepertinya ‘teori’ ini sudah mulai terbukti.

Honda-City-Hatchback-728x406
(Mick Makawan/Creative Trend)
Baca juga: Tiga Mobil Honda akan Dihentikan Produksinya ?

City Hatchback akan Gantikan Jazz ?

Salah satu sedan andalan Honda lainnya, yaitu Civic, sudah punya varian hatchback-nya. Lalu bagaimana dengan City sendiri? Sebenarnya model ini juga punya model hatchback, tapi hanya dijual di China dengan nama Gienia. Entah apa Honda memang ingin memperluas variannya agar sebanyak Civic, sehingga model hatchback-nya mulai digarap.

Belakangan ini mobil yang diduga City Hatchback ‘tertangkap basah’ sedang diuji jalan di Thailand. Beberapa spyshot-nya sudah tersebar luas di dunia maya. Walau hampir seluruh bodinya dibalut stiker kamuflase, tapi bentuk bodinya bisa memberi clue atau petunjuk mengenai mobil terbaru Honda tersebut.

City Hatchback dan Baleno

Dari bentuk tampangnya sekilas menunjukkan ciri dari City generasi ketujuh. Hanya perbedaan paling jelas terlihat dari bentuk bodi belakangnya yang tak menonjol lagi seperti model sedannya. Memang semua mobil hatchback punya desain semacam ini, apalagi Jazz.

Spyshot-Honda-City-Hatchback-728x406
(Mick Makawan/Creative Trend)

Tak banyak informasi yang bisa didapat mengenai City Hatchback ini. Namun prediksinya mobil tersebut menawarkan dua pilihan mesin, yaitu 1.000 cc VTEC Turbo dan 1.500 cc i-VTEC naturally-aspirated. Terdengar tak asing, karena kedua mesin ini sudah tersedia pada model City Turbo dan Jazz.

Dengan kemunculan City Hatchback ini, maka dipastikan kehadirannya di Asia Tenggara sudah semakin dekat, bahkan siap ‘menyenggol’ Jazz generasi ketiga nantinya. Kalau sudah begitu, nasib Jazz akan seperti Suzuki Swift yang digantikan oleh Baleno. Tapi apakah City Hatchback bisa sesukses Baleno nantinya?

Be the first to comment

Leave a Reply