Tiga Mobil Honda akan Dihentikan Produksinya ?

RiderTua.com – Belakangan ini beberapa mobil ada yang sudah ditinggalkan. Sebagian ada yang terdampak oleh terpuruknya kondisi di pasar otomotif sekarang. Seperti yang terjadi pada tiga mobil Honda, yang dikabarkan akan berhenti dijual di Jepang. Ada alasan jelas kenapa Honda harus melakukannya.

Baca juga: Honda Brio Kalahkan Avanza Dalam Penjualan Bulan April !

Mobil Honda yang Berhenti Dijual

Tiga mobil yang dimaksud adalah Grace, Jade, dan Civic. Tapi bukan berarti yang Type-R ikut juga ya, karena Civic yang dimaksud adalah Civic Turbo Sedan. Grace adalah nama lain untuk City Sedan di Negeri Sakura, dan Jade bisa dianggap sebagai ‘Jazz/Fit versi MPV’.

Dengan begitu, versi terbaru City takkan dijual di Jepang. Memang beberapa bulan lalu, Honda mengenalkan All New City di Thailand, karena sedan ini masih dicari oleh konsumen disana. Kalau India, City (yang disebut Amaze) juga cukup terkenal.

Tak Ada Penggantinya?

Lalu kenapa harus dihentikan penjualannya? Dari kabar yang beredar, Honda ingin mengurangi model yang dijualnya hingga sepertiga dari produk yang sudah ada di tahun 2025. Apalagi penjualan ketiganya di Jepang tak sebagus di pasar luar negeri. Sepertinya kemungkinan besar salah satu dari ketiganya tak punya ‘penerusnya’.

Walau mobil tersebut takkan diproduksi lagi disana, tapi itu tak menganggu penjualan di luar Jepang. Indonesia misalnya, dimana Honda memasok stok City dan beberapa model lainnya dari Thailand. Sementara Jade dirakit di China, jadi MPV ini masih aman statusnya walau model tersebut hanya dijual disana.

Bisa jadi suatu saat nanti akan ada lebih banyak mobil Honda yang akan di-discontinue karena rencana tersebut. Terlepas dari hal itu, setidaknya Honda bisa lebih fokus ke model andalannya yang masih dijual sampai sekarang.

Be the first to comment

Leave a Reply