Ketika Volvo Ingin Mobil Otonom Menjadi Lebih Baik

RiderTua.com – Saat ini mobil otonom menjadi salah satu teknologi yang muktahir di dunia otomotif. Namun masih banyak konsumen yang ragu-ragu dengan teknologi tersebut. Sementara itu, Volvo sudah lama ingin membuat mobil otonom menjadi lebih baik. Dengan begitu, teknologi ini bisa diterima oleh masyarakat.

 

Baca juga: Volvo Pertimbangkan PHK Karyawannya di Swedia

Membuat Mobil Otonom Lebih Baik

Mobil otonom sempat menjadi kontroversi karena mengakibatkan kecelakaan fatal terhadap pejalan kaki. Sehingga para produsen harus lebih berhati-hati saat memprogram teknologi otonom tersebut. Volvo sendiri sudah berniat untuk menciptakan teknologi otonom yang lebih canggih lagi.

Untuk bisa mencapai itu, merek otomotif asal Swedia ini membuka mitra dengan perusahaan teknologi Luminar. Perusahaan ini terkenal dalam pengembangan LiDAR (Light Detection and Ranging), yaitu teknologi yang mengandalkan sensor pemindai. Sensor ini akan memindai benda atau permukaan dan kemudian dikirim ke platform digital.

Mobil Volvo Dengan LiDAR

LiDAR dianggap lebih canggih dari teknologi otonom lainnya karena mampu memindai jalan secara cepat. Bahkan itupun tak perlu menggunakan koneksi internet. Hasilnya disebut sangat akurat dan diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan akibat teknologi otonom.

2018 Volvo XC60
2018 Volvo XC60

Teknologi LiDAR nantinya akan dipasang pada mobil Volvo, walau entah model mana yang pertama mendapatkannya. Modular SPA 2 dapat mendukung mobil terbaru Volvo di masa depan. Perangkat lunak alias software ini bisa diperbarui, walau dari jarak jauh.

Tak hanya soal kolaborasi teknologi otonom saja, Volvo berencana untuk meningkatkan kepemilikan saham Luminar nantinya. Volvo masih punya rencana besar untuk bisa mewujudkan mobil otonom yang aman di jalan raya.

Be the first to comment

Leave a Reply