Volvo Pertimbangkan PHK Karyawannya di Swedia

XC90 akan jadi basis XC100?

RiderTua.com – Banyak produsen mobil berusaha keras untuk terus bertahan ditengah dampak pandemi. Beberapa diantaranya ada yang menutup pabriknya. Walau ada juga yang melakukan PHK terhadap karyawannya seperti Volvo. Sepertinya pabrikan mobil ini mulai pertimbangkan untuk memberhentikan pekerjanya di Swedia.

Baca juga: Volvo Gandeng Daimler Buat Truk dan Bus Hidrogen

PHK Karyawannya Volvo di Swedia

Diketahui ada sekitar 1,3 ribu karyawan Volvo di Swedia yang akan dirumahkan. Awalnya Volvo memiliki 24 ribu karyawan, dan kini berkurang menjadi 23,7 ribu orang. Soal kompensasinya akan dirundingkan bersama pekerja yang terdampak.

Keputusan ini dibuat menyusul dampak dari pandemi yang mulai terasa oleh Volvo. Apalagi dengan hasil penjualan yang mulai menunjukkan penurunan. Jika terus mempertahankan karyawannya, maka mereka tak bisa membiayai semua gaji pekerjanya.

Restrukturisasi Pekerja

Langkah yang dilakukan Volvo termasuk rencana restrukturisasi pekerja, dan menyelaraskan operasional perusahaan dalam jangka panjang. Selain itu, bisa mengurangi beban biaya, dengan begitu proses produksi yang terus dijalankan takkan terganggu.

Soal penjualan, Volvo melihat adanya penurunan penjualan hingga 18,2 persen. Di kuartal pertama tahun ini saja sudah bisa menjual sebanyak 131.889 unit. Tapi setidaknya mereka masih bisa terus berjualan mobil ditengah kondisi seperti ini.

Walau karyawannya akan di-PHK, Volvo masih terus fokus pada pengembangan teknologi mobil. Termasuk meningkatkan investasi untuk menjalankan bisnis online, elektrifikasi mobil, hingga drive otonom.

Be the first to comment

Leave a Reply