Suzuki XL7 Lebih Boros Bensin Daripada Ertiga ?

RiderTua.com – Mobil – Setelah diluncurkan kemarin, Suzuki XL7 sudah menjadi incaran konsumen. Tak hanya menawarkan penampilan yang menarik, mobil ini juga mempunyai fitur mumpuni. Namun dikatakan XL7 agak boros bensin daripada model basisnya. Suzuki XL7 lebih boros bensin daripada Ertiga.

Suzuki XL7 ‘Rising Orange’
Baca juga: Ada Suzuki XL7, Bagaimana Nasib Ertiga ?

Suzuki XL7 Lebih Boros Bensin Daripada Ertiga ?

Melansir kompas.com (17/02/2020), mesin yang digunakan pada XL7 sama dengan Ertiga dan Jimny, yaitu K15B DOHC 1.5 liter. Jadi bisa dikatakan kemampuan mesinnya bisa jadi sama saja dengan kedua model lainnya. Apalagi hasil tenaga dan torsinya juga serupa.

Tepatnya mesin K15B mampu menghasilkan tenaga sebesar 104,7 hp dan torsi 138 Nm. Namun soal efisiensi bahan bakarnya ternyata XL7 sedikit lebih boros dari Ertiga, atau mungkin juga Jimny.

Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS), konsumsi bahan bakar XL7 untuk transmisi otomatis yaitu 15,78 km/liter. Sementara Ertiga dengan tipe transmisi yang sama sebesar 16,43 km/liter. Lalu kenapa bisa berbeda?

(otospirit.com)

Alasannya sangat jelas, karena XL7 berupa mobil SUV. Biasanya SUV membutuhkan tenaga yang besar, sehingga terkadang harus ‘mengorbankan’ efisiensi bahan bakarnya. Sementara MPV lebih unggul soal konsumsi bahan bakar yang hemat.

Tak hanya soal kemampuannya sebagai SUV, bobotnya yang lebih berat dari Ertiga juga menjadi penyebabnya. Memang ada lebih dari 200 komponen tambahan yang diberikan pada XL7. Perombakan besar-besaran ini sepertinya membuat bobotnya bertambah, tapi itu sebanding dengan ketangguhan yang dimilikinya.

Be the first to comment

Leave a Reply