Intip Perjalanan Panjang Mazda Selama 100 Tahun

RiderTua.com – Mobil – Tahun ini Mazda genap berusia 100 tahun. Menandakan kalau produsen otomotif ini sudah cukup lama menggeluti dunia industri. Ternyata perjalanan Mazda tidak dimulai dari mobil, tetapi gabus! Intip perjalanan panjang Mazda selama 100 tahun.

Baca juga: Chevrolet Pergi, Mazda akan Terus Bertahan di Indonesia

Intip Perjalanan Panjang Mazda Selama 100 Tahun

Mungkin terdengar aneh, tapi itulah bisnis Mazda pada awalnya. Melansir aautonetmagz.com (31/01/2020), bos Mazda mengaku kalau Mazda dulunya menjual gabus. Tapi beberapa tahun kemudian beralih ke produksi kendaraan massal.

Produk pertamanya saat itu adalah motor roda tiga bernama Go. Sepeda motor tersebut mirip dengan yang dijual oleh Tossa di Indonesia. Mazda Go kemudian dilengkapi dengan transmisi 4-percepatan, dan sejak saat itu terus meningkat kemampuannya.

Namun ketika perang dunia meletus, Mazda beralih ke produksi senjata. Setelah markasnya di Hiroshima dijatuhi bom atom, Mazda kembali memproduksi kendaraan termasuk motor Go. Hingga tahun 1960 produk mobil pertamanya dibuat, dikenal sebagai Cosmo Sport.

Mazda Cosmo Sport

Setelah Cosmo Sport, Mazda membuat RX-7, MZX-5, dan Mazda 6 di tahun selanjutnya. Beberapa tahun setelahnya produk mobilnya sudah berkembang makin luas dan beragam. Bahkan Mazda memiliki mesin SkyActiv yang menjadi ciri khasnya.

Lalu apa yang akan dilakukan Mazda pada usia seabadnya? Ternyata mereka sudah menyiapkan sesuatu yang spesial pada Geneva International Motor Show 2020 mendatang. Booth Mazda akan diwarnai dengan perayaan 100 tahunnya, termasuk menampilkan sejarah awalnya sebagai produsen motor dan gabus.

Be the first to comment

Leave a Reply