Sejarah Toyota Land Cruiser, SUV yang Bertahan Selama 68 Tahun !

RiderTua.com – Mobil, Mungkin masyarakat Indonesia masih belum familiar dengan Toyota Land Cruiser. Mobil ini memang dijual dalam jumlah terbatas. Selain itu, Land Cruiser dikenal dengan harganya yang mencapai lebih dari Rp 1 miliar. Sejarah Toyota Land Cruiser, SUV yang bertahan selama 68 tahun.

Baca juga: Toyota Ingin Kembangkan Mobil Hidrogen Fuel Cell Lagi

Sejarah Toyota Land Cruiser, SUV yang Bertahan Selama 68 Tahun !

Baru-baru ini, Toyota mengumumkan hasil penjualan Land Cruiser sudah terjual hingga 10 juta unit. Angka ini tercapai pada tanggal 31 Agustus lalu. Sepertinya tak mudah bagi Land Cruiser untuk mencapai angka tersebut.

Land Cruiser awalnya dikenal sebagai Jeep BJ pada tahun 1947. Pada awal kehadirannya, terjadi Perang Korea yang membuat Jepang harus merancang mobil militer. Sehingga lahirlah mobil jip ini.

Pada tahun 1955, barulah Toyota mengganti namanya menjadi Land Cruiser tipe 20. Modelnya juga sering berganti-ganti, terkadang beralih fungsi dari mobil pikap hingga mobil penumpang.

Saat itu, Land Cruiser diekspor kurang dari 100 unit per tahunnya. 10 tahun selanjutnya naik drastis menjadi 10 ribu unit per tahun. Kini Land Cruiser dijual di 170 negara dengan penjualan global mencapai sekitar 400 ribu unit.

Di beberapa negara, Land Cruiser selalu diandalkan dalam segala medan. Dari lereng yang curam, daerah tambang, sampai melewati tanah tandus pun bisa diatasi oleh mobil ini.

Tak peduli generasi mana yang dipakai, Land Cruiser seperti menjadi pembantu dalam melakukan tugas dengan mudah. Seperti dijadikan mobil ambulan kemanusiaan, bahkan digunakan untuk menggembalakan ternak di Australia.

Referensi: Detik.com (30/09/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply