Toyota Ingin Kembangkan Mobil Hidrogen Fuel Cell Lagi

(Foto: Otomotif Kompas)

RiderTua.com – Mobil, Saat ini, semakin banyak mobil bertenaga listrik dan hybrid di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Meskipun sebenarnya cukup sulit untuk menerapkan kendaraan listrik di suatu negara. Karena mayoritas masyarakat masih tak ingin jauh dari mobil bensin. Toyota ingin kembangkan mobil hidrogen fuel cell lagi.

Baca juga: Generasi Kedua Toyota 86 Lebih ‘Asyik’ dari Supra ?

Toyota Ingin Kembangkan Mobil Hidrogen Fuel Cell Lagi

Selain itu, infrastruktur pengisian daya baterai masih belum memadai. Memang sebenarnya masih ada bahan bakar alternatif lain selain listrik atau hybrid. Yaitu hidrogen fuel cell.

Di dunia, baru ada dua perusahaan mobil yang memiliki model hidrogen fuel cell, yaitu Honda dan Toyota. Tapi keduanya baru memiliki satu mobil hidrogen, yaitu FCX Clarity dan Mirai.

Sebenarnya Toyota yang lebih dulu mengembangkan generator hidrogen fuel cell sejak tahun 1992. Generator tersebut pertama kali dipasang pada mobil SUV konsep FCEV. Tapi Mirai menjadi mobil hidrogen pertama dari Toyota yang dijual ke pasar internasional.

Dalam mewujudkan Toyota Environmental Challenge 2050, produsen mobil ini dikabarkan sedang mengembangkan hidrogen fuel cell lebih jauh lagi. Hasil pengembangan tersebut mungkin akan diterapkan pada Mirai generasi kedua.

Jika berhasil, maka generator hidrogen fuel-cell bisa diterapkan pada mobil Toyota lainnya. Walau efisiensi, daya tahan, serta stabilitas tenaganya masih harus ditinjau lebih lanjut.

Referensi: Otosia.com (26/09/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply