Seberapa Kuat Honda Bayar Gaji Marquez? Gaji Marc Naik Winglet RC213V Copot !

4
Marquez

RiderTua.com – MotoGP, Semua tim mengincar Marc Marquez, dia akan terus menang dan menang, meraih gelar demi gelar, merobek rekor demi rekor. Mengontrak Marc adalah cara cepat bagi tim untuk memenangkan gelar MotoGP. Akibatnya untuk mendapatkan seorang Marquez tidaklah murah. Dan itu mungkin akan menjadi masalah berlipat bagi Honda sendiri, kenapa ?… Seberapa Kuat Honda Bayar Gaji Marquez? Gaji Marc Naik Winglet RC213V Copot !

Marc Marquez adalah pembalap MotoGP dengan bayaran tertinggi di dunia. Gajinya dikabarkan sekitar € 15 juta per tahun, namun bisa jadi sebuah angka yang dikaburkan dan tidak akurat. HRC diberitakan memberi kenaikan € 2 juta per tahun secara otomatis jika Marc juara dunia.. Sehingga dengan lima gelar MotoGP yang diperoleh Marquez akan bertambah hingga € 10 juta sejak 2013. Itu baru gaji pokok belum termasuk tambahan yang dinegosiasikan.

Marquez memang layak mendapat gaji tinggi, pantas memperoleh setiap dollar dari HRC. Tanpa Marquez, di MotoGP Honda akan sangat berbeda. Menang adalah tujuan utama tiap tim MotoGP, tidak bisa ditawar. Sebelum Marc gabung ke tim sayap emas paceklik dan pasang surut dialami Honda pada era Nicky Hayden (2006) dan Casey Stoner (2011) masih merupakan kenangan yang menyakitkan bagi Honda.

Seberapa Kuat Honda Bayar Gaji Marc Marquez?

Mempertahankan Marc bagi Honda masuk dalam skenario besar dan strategi tempur melawan tim lain. Ducati secara terang-terangnya menunjukkan minatnya, tim merah merupakan motor dengan karakter sama dengan Honda. Selain pendekatan keluarga, Honda akan membuat Marc merasa nyaman di markasnya, juga masalah uang jangan dilupakan. Namun seberapa kuat Honda bayar gaji Marc Marquez?

Jika Marc juara lagi otomatis gaji Marquez naik € 2 juta… menjadi € 17 juta…! Apakah Marc kedepan akan juara lagi dan lagi? maka setiap juara dunia  dia akan kantongi kenaikan hingga menyentuh € 20 juta? € 25 juta? Jika pembaca berada di pihak Honda, apakah akan membayarnya?.. Toh jika Honda sanggup akan ada efek lainnya.. apa itu ?

Biaya pengembangan motor Honda RC213V € 70, Gaji Marc Naik Winglet RC213V Copot !

Walau masih bersifat dugaan motomatters mensinyalir, HRC gelontorkan biaya pengembangan RC213V dikisaran € 70 dan € 80 juta.. Gaji Marquez jika merangkak naik akan mendekati seperempat, bahkan diramalkan sepertiga anggaran MotoGP HRC… !. Singkat kata angka-angka itu akan menjadi masalah. Semakin banyak uang yang dihabiskan HRC untuk gaji Marquez, akan mengurangi alokasi untuk pengembangan motor.

Katakanlah gaji Marquez naik satu juta lagi, maka itu akan “memakan”  anggaran aerodinamika ( winglet Honda Copot). Tahun depan naik dua juta lagi maka pengembangan sasis RC213V akan susut. Tambah lagi tigajuta? Maka pengembangan untuk mengatasi cengkeraman ban depan yang dikeluhkan pembalap lain akan tersedot. Honda rugi? tidakk.. toh semua sudah terbayar dengan skill Marquez. Dengan motor yang kurang sempurna Honda bisa juara dengan seorang MM.. Lebih mudah bayar Marquez daripada lakukan penelitian yang memakan waktu lama.. Kesuwen.. cari yang instan..!

Memang penjelasan diatas sebatas teori saja, namun pesan dari kalimat diatas adalah keahlian unik Marquez hampir tidak ternilai harganya. Dia dapat meminta gaji berapa pun yang dia inginkan, dan semua tim pasti akan membayarnya…!. Katakanlah tahun ini dia meminta Honda bayaran € 25 juta, kalau tidak Marc akan ke Ducati… Kira-kira apa yang akan dilakukan Honda?. Satu kata MEMBAYARNYA…!

Namun efeknya akan mengurangi alokasi di tempat lain, biaya pengembangan ( R&D) akan dipotong. Jika Honda sedikit dalam pengembangan berarti motor akan tetap sulit dikendarai ( kecuali oleh Marquez)… Ada bahaya lain mengancam, Marc tidak akan muda terus, banyak pembalap muda bermunculan lebih kuat kendarai motor RCV yang menuntut tenaga lebih. Motor Ducati dengan pengembangan terus menerus akan bisa kalahkan Honda. Yamaha dengan motor baru dan top speed mumpuni plus Quartararo akan mengancam. Suzuki juga semakin nyata dalam pengembangan GSX-RR.. Semua akan menyulitkan Marquez… Trus Aku Kudu Piye Bro?

Trending Artikel Minggu Ini ( Top5):

  1. Dulu Rossi Menunggu Lawan di Dua Lap Terakhir, Sengaja Ajak Duel Demi Tontonan Greget !
  2. Data Telemetri Marquez Tidak Bisa Dipakai Acuan Pembalap Honda Lainnya !
  3. Seorang Juara Sejati Tidak Perlu Waktu Lama Memahami Motor
  4. Musuh Bebuyutan Rossi Ini Sebut Marquez dan Rossi Tidak Bisa Disamakan !
  5. Cal Crutchlow : Sumpah Potong Jari Jika Zarco Bisa Jinakkan Honda RC213V !

4 COMMENTS

Leave a Reply