Rossi: Jika Yamaha Memakai Ban Soft Seperti Marquez? Tambah Hancur !

0

RiderTua.com – MotoGP Aragon, Valentino Rossi lagi-lagi dikalahkan oleh Vinales dan Quartararo di GP Spanyol tadi malam. Dimana The Doctor finis di urutan kedelapan. Rossi mengakui keunggulan dua pembalap Yamaha itu. Namun faktanya tetap saja tak satu pun dari rider Yamaha mampu naik podium, baik Maverick Vinales dan Fabio Quartararo terlihat ‘Ora Mbanyu’ dibanding pace Marc Marquez, bahkan keteteran membendung speed motor merah Ducati. Rossi: Jika Yamaha Memakai Ban Soft Seperti Marquez? Tambah Hancur !

Setelah balapan Rossi berujar tentang performa dirinya dalam balapan. “Saya tahu balapan akan sulit untuk memperjuangkan podium, tetapi saya tidak mengira ternyata begitu buruk. Untuk beberapa alasan, hari Jumat berjalan dengan baik, hari Sabtu sedikit kurang dan hari Minggu adalah yang terburuk.” kata Rossi.

Rossi: Jika Yamaha Memakai Ban Soft Seperti Marquez? Tambah Hancur !

Ban merupakan faktor penting dalam balapan, pemilihan ban yang tepat akan menjadikan performa motor jempolan. Pemilihan ban dilakukan saat sesi latihan, kualifikasi dan warm-up. Pemilihan ban soft ( lunak) memberikan traksi yang lebih baik dibandingkan ban yang lebih keras, namun ban akan lebih cepat habis. Sebaliknya ban yang semakin keras membuat ban lebih kuat bertahan selama balapan, disamping faktor itu ada beberapa faktor yang menentukan seperti setingan dan gaya balap atau bagaimana pembalap mengelola ban saat balapan.


Seperti dilansir speedweek, degradasi ban disinyalir sebagai penyebab hasil buruk Yamaha. Sejak lap-2 Rossi sudah melambat karena masalah dengan performa ban belakang yang menurun dengan cepat. Dalam balapan semua motor Yamaha memasang ban belakang jenis keras ( hard) dan hasil buruk menimpanya. Pembalap Yamaha yang lain merasakan penurunan ( Degradasi ban) di lap ke 18, namun justru motor Rossi sejak lap ke-5 sudah drop. Kesalahannya terletak pada pengaturan ( set-up), yang tidak sesuai dengan compound ban dan tim akan bekerja di sektor itu, kata Rossi.

Ban Soft Tambah Hancur

Marc Marquez mengatakan bahwa Yamaha salah dalam memilih ban, pilihan buruk katanya. Namun Rossi mengatakan bahwa ban soft bukan pilihan yang layak, tidak akan lama. “Menggunakan ban lunak (soft) memang menjadi keuntungan besar, tetapi tidak bisa untuk Yamaha.” kata Valentino. Kemajuan Yamaha akhir-akhir ini sudah mulai nampak dengan peningkatan grip M1. Dan masalah yang tidak bisa diselesaikan adalah top speed. Meskipun tim dan Rossi mengupayakan perubahan baru, namun Vinales dan Quartararo masih selangkah lebih maju.

Jelas bahwa Quartararo dan Vinales melaju lebih cepat, jadi sekarang tim dan Rossi sedang berupaya agar bisa lebih baik lagi dari mereka. Sangat penting untuk mendapatkan top speed, karena itu adalah cara yang paling mudah bagi Yamaha M1 untuk bertarung di barisan depan…

Trending Artikel Minggu Ini ( Top-5):

  1. Strategi Cerdik Marquez Sengaja Jatuh di FP2, Kok Bisa Ya? Ini Penjelasannya !
  2. Marc Marquez Jatuh di FP2 Menyerah di Downhill Tikungan-8 Aragon !
  3. Kualifikasi GP Aragon: Marc Raih Posisi Pole, Top Speed Yamaha Quartararo Kalah 0.3 detik!
  4. Rumor Liar : Vinales Balik ke Suzuki Quartararo dengan Rossi, Zarco Tes Rider Yamaha 2021 !
  5. Perbedaan Ibarat Bumi-Langit, Akhirnya Marquez Ungkap Kelemahan Terbesar Honda RC213V !

Leave a Reply