Aksi Penyelamatan Valentino Rossi di Misano, Seperti Marquez Pun Bisa ?

RiderTua.com – MotoGP Misano, Valentino Rossi menyelesaikan balapan putaran ke-13 di rumahnya dengan tidak mudah. Di paruh pertama balapan terhalang beberapa pembalap cepat yang sulit di overtake, bahkan butuh beberapa lap untuk menyalip muridnya sendiri. Namun ada kejadian yang tidak tersorot kamera TV atau paling tidak terlewatkan dari perhatian kita. Aksi Penyelamatan Valentino Rossi di Misano

Aksi Penyelamatan Valentino Rossi di Misano

Yup, aksi penyelamatan Valentino Rossi kala memacu maksimal saat membuat jarak dengan Morbidelli. Hasil jerih payahnya dia selesai di tempat ke-4 dengan jarak 0,1 detik dari Morbido. Dan cukup jauh dari pembalap Yamaha sekitar 11 detik. Namun selain tidak mudah menyalip pembalap di depannya Rins, Espargaro dan Morbidelli, Rossi juga alami masalah dengan motornya( hampir jatuh).

Namun terlihat Rossi masih mampu menegakkan motornya kembali dengan menggunakan siku dan lututnya.. Entah karena terpeleset kehilangan keseimbangan pembalap atau loss grip. Namun yang jelas fakta menunjukkan Rossi berhasil menyelesaikan balapan dan tidak crash.

Beda Honda dan Yamaha saat Loss Grip

Marc Marquez selalu terlihat melakukan hal serupa dengan lutut dan sikunya saat melakukan penyelamatan, ketika motornya tergelincir atau hilang keseimbangan. Namun beda Yamaha lain pula Honda, secara teknis kedua motor ini pun punya perilaku berbeda saat tergelincir. “Honda dan Yamaha berperilaku berbeda,” tambah Wilco Zeelenberg ( manager tim Yamaha).

Menurut Wilco Zeelenberg Honda saat kehilangan front-end dengan cara yang berbeda dengan Yamaha. Biasanya motor Yamaha, ‘mati kutu’ dan sulit diselamatkan jika mengalami ‘slide front-end’ ( ban depan selip) karena ‘Clack ‘ dan cengkeraman bagian depan hilang. Mungkin karena karakter mesin yang berbeda sehingga efek grip ke aspal Honda dan Yamaha berbeda, Yamaha motor yang lebih lembut.

Artikel Terkait :

1 Comment

Leave a Reply