Tahukah Kamu Seberapa Panas Komponen di Dalam Motor MotoGP?

1

RiderTua.com – Komponen motor di MotoGP tentunya akan menghasilkan panas saat part itu bekerja. Tentunya suhu kerja yang ideal membuat kerja part optimal. Mesin yang terlalu panas akan overheat, ban yang terlalu panas atau dingin berpengaruh pada kecepatan motor. Demikian pula dengan aturan suhu dimana suhu bahan bakar juga sudah ada ketentuannya, sehubungan dengan berat benda cair itu. Part yang bergerak dan bekerja pada motor MotoGP seperti mesin, ban, suspensi, rem dll pastinya bisa diketahui suhunya dengan sensor panas. Namun tahukah kamu seberapa panas komponen di dalam motor MotoGP?

Tahukah Kamu Seberapa Panas Komponen di Dalam Motor MotoGP?

Ban : 100 ° C

Walau di luar bayangan kita ternyata suhu ban bisa mencapai 100 ° C. Suhu tersebut dibutuhkan agar ban memiliki cengkeraman yang optimal. Tetapi ketika ban bersentuhan dengan aspal suhunya dapat mencapai lebih dari 50 ° C dimana ban secara bertahap terkikis.

Bantalan Rem Karbon : 200 ° C

Jika suhu ban tinggi maka bagian di sekitar roda sebagai penghenti laju tak mau kalah.. Suhu ban tinggi masih belum seberapa dibandingkan dengan panas yang dicapai bantalan rem karbon pada kondisi maksimal. Sementara kaliper dapat mencapai 200 ° C, jangkauan operasi optimal untuk cakram dan bantalan berkisar antara 200 ° C dan 800 ° C.

Suspensi : 70 ° C

Temperatur suspensi tidak terlalu panas, terutama suspensi depan, yang biasanya sedikit di atas suhu udara sekitar. Suspensi belakang bisa jauh lebih panas, dan mencapai 70 ° C. Kenapa suhu suspensi perlu di kontrol?. Tak lain karena viskositas minyak di dalam bervariasi sesuai dengan panasnya cuaca pada hari itu.

Bensin : 15 ° C Suhu Udara

Bahan bakar atau istilah mudahnya bensin, sesuai peraturan tidak boleh dibawah 15 ° C dari suhu sekitar. Pada suhu 15 ° C, satu liter bahan bakar berbobot 0,75 kg, sedangkan pada 25 ° C berat yang sama setara dengan 1,01 liter, sehingga semakin panas cuaca hari itu, semakin sedikit bahan bakar yang bisa dimasukkan ke dalam tangki. Fenomena ini terjadi karena cairan mengembang dengan panas dan berkontraksi dengan dingin. Dorna mengukur suhu sekitar satu jam sebelum balapan untuk memutuskan berapa suhu bahan bakar.

Mesin : +700 ° C

Komponen yang mencapai suhu tertinggi adalah mesin, di mana bagian ujung api yang menyala biasanya mencapai 1800 ° C hingga mencapai 2500 ° C. Temperatur ini hanya tercapai pada titik nyala api tetapi cukup untuk memanaskan kepala piston hingga lebih dari 250 ° C dan dinding silinder hingga lebih dari 200 ° C. Katup intake ( valve) mencapai 250 ° C tetapi katup buang ( Outlet) lebih dari 600 ° C, karena gas buang bisa melebihi 700 ° C.

Stefan Bradl

Motor balap MotoGP memiliki banyak sensor untuk mengukur suhu hingga 10 titik. Karena sistem pendingin dan pelumas komponen dapat tetap bekerja dengan baik pada suhu ideal, memungkinkan mesin untuk melakukan performanya yang terbaik. Lalu berapa suhu pembalap… Pengendara yang sehat pastinya suhu tubuhnya sekitar 36,5 ° C. Kondisi ideal manusia sehat! Selama balapan suhu akan lebih panas, sistem pendingin dapat diterapkan di dalam baju balap, seperti yang digunakan oleh astronot.

Artikel Terkait:

1 COMMENT

Leave a Reply