Berapa Harga Ban dan Mesin Motor MotoGP, Fantastis !

RiderTua MotoGP -Tiga juta euro( Rp 48 M)…. Ini adalah biaya yang harus Honda keluarkan untuk Jorge Lorenzo dan Marc Márquez untuk satu buah motor Honda RC213V… Untuk tim satelit Honda menyewakan dua motor ke tim LCR. Dana yang harus dikucurkan LCR ke pabrikan Honda untuk Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami juga tidak murah, tim Lucio Cecchinello harus membayar dua juta euro ( Rp 32 M) untuk setiap sepeda motor. Untuk harga itu, tim satelit dapat mengakses pengembangan motor yang diterapkan sepanjang musim, tetapi tidak termasuk part baru. Berapa harga ban dan mesin motor MotoGP… ?

Berapa harga ban dan mesin motor MotoGP… ?

Mesin adalah bagian atau elemen yang paling penting dan juga yang paling mahal. Harga yang harus di tebus dari muntahan mesin dengan 217 tenaga kuda, tim harus membayar antara € 200.000 (Rp 3 M) dan € 250.000 (Rp 4 M )untuk satu mesin saja.

Harga ECU MotoGP

Salah satu aspek yang paling berharga di motor adalah elektronik. Dengan perangkat ini mampu menjinakkan tenaga mesin yang sangat besar. Selain itu bagian lain yang juga tidak murah yang hanya ada dalam mesin prototipe kompetisi adalah transmisi seamless, rem karbon atau katup pneumatik. . Bagian ini adalah sistem yang sangat canggih, terkini dan mahal. Paling murah dari bagian ini harganya tidak kurang dari € 1.000 (Rp 16 juta) dan, secara keseluruhan, sistem elektronik dapat melebihi angka € 100.000 ( Rp 1,6 M). Untuk panel (spedometer) seharga € 2.500 (Rp 40 juta), yang harus ditambahkan untuk biaya sensor dan kabel lain.

Harga paket Rem MotoGP 1,1 Milyar

Menurut peraturan, setiap pembalap akan memiliki paket rem yang terdiri dari 3 pasang kaliper, 3 silinder, 10 cakram karbon dan 28 bantalan rem untuk seluruh musim. Total biaya yang dibutuhkan untuk rem adalah € 70.000 (1,1 M). Jika tim membutuhkan lebih banyak suku cadang, tim harus membelinya secara terpisah untuk memenuhi kebutuhannya.

Harga Fairing MotoGP

Fairing, terbuat dari serat karbon, adalah salah satu anggaran besar juga. Harga bahan fairing ini adalah € 2 (Rp 32 ribu) per 100g, angka yang tinggi dibandingkan dengan baja € 0,2 ( Rp 3 ribu) per 100g atau PVC, yang merupakan jenis plastik € 0,12 ( Rp 2 ribu)per 100g. Fairing atau baju motor ini adalah komponen yang sangat mahal karena bagian yang paling sering rusak dan komponen yang paling sering diganti.

Harga Ban MotoGP 64 juta

Namun, ada bahan lain yang lebih mahal, seperti misalnya magnesium yang digunakan dalam ban. Yang membuat harga ban melambung di angka € 4.000 (Rp 64 juta). Sama halnya dengan fairing, ban adalah bagian yang paling mahal karena harus sering diganti. Di setiap lintasan, pembalap menggunakan senyawa yang sangat berbeda. Dan menghabiskan total sepuluh ban depan dan dua belas ban belakang setiap akhir pekan. Biaya elemen ini, bersama dengan sumber daya manusia yang diperlukan sekitar 1,2 juta euro (Rp 19,3 M).

 

Be the first to comment

Leave a Reply