Di Masa Depan, Kamera akan Menggantikan Kaca Spion ?

0

RiderTua Blog – Kaca spion memiliki peran penting bagi pengemudi kendaraan. Yaitu memberi penglihatan ekstra bagi pengemudi agar lebih waspada. Spion tak hanya ada pada sepeda motor saja, tetapi juga mobil hingga truk besar. Di masa depan, kamera akan menggantikan kaca spion.

Baca juga: Honda Kembangkan Airbag Mobil yang Lebih Baik

Di Masa Depan, Kamera akan Menggantikan Kaca Spion ?

Tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan teknologi sudah semakin banyak diterapkan. Bahkan, kaca spion nantinya akan digantikan oleh kamera. Fungsinya masih sama dengan kaca spion.

Tapi tidak seperti spion, kamera mampu mengetahui kebiasaan pengendara, serta manuver perpindahan jalur yang dilakukan oleh kendaraan di sekitarnya. Tetapi produsen mobil bisa mengembangkan fungsi kamera ini lebih jauh lagi.

Sebenarnya kamera pengganti kaca spion masih belum banyak digunakan pada mobil zaman ‘now’. Lexus yang pertama kali menggunakan fitur ini pada model ES khusus Jepang. Audi juga akan menerapkannya pada model e-Tron, namun hanya akan disediakan untuk model Jepang dan Eropa.

Lexus ES khusus Jepang memiliki kamera pengganti kaca spion

Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat atau NHTSA berencana untuk menguji coba fitur ini. Produsen seperti General Motors, Volkswagen, Tesla, dan Toyota mendukung uji coba ini. Daimler ingin agar fitur kamera spion bisa diterapkan pada truk besar juga.

Sepertinya kaca spion benar-benar akan digantikan oleh kamera di masa yang akan datang. Karena dianggap lebih praktis, walau masih harus dikembangkan lebih jauh lagi. Tapi siapa tahu kaca spion bisa menggunakan teknologi canggih.

Referensi: Detik.com (30/08/2019)

Leave a Reply