Toyota Siapkan Line-Up Mobil Listrik di Indonesia

2017 Toyota Prius Prime (plug-in hybrid)

RiderTua Mobil – Setelah Perpres mengenai kendaraan listrik selesai ditandatangani, produsen otomotif sudah siap menyambut era kendaraan listrik di Indonesia. Tak terkecuali Toyota, yang tentu saja tak mau ketinggalan untuk membawa mobil ramah lingkungan andalannya. Toyota siapkan line-up mobil listrik di Indonesia.

Baca juga: Menebak Model Hybrid Toyota yang akan Diluncurkan Tahun Ini

Toyota Siapkan Line-Up Mobil Listrik di Indonesia

Hingga kini, Toyota Astra Motor (TAM) sudah memiliki model hybrid untuk Camry, Alphard, C-HR, dan Prius. Walaupun begitu, TAM belum punya model listrik atau BEV (battery electric vehicle). Meski sebenarnya di luar negeri sudah ada mobil full electric.

Karena memiliki banyak pilihan, maka TAM harus memilih mobil mana yang cocok untuk Indonesia. Selain itu, jenis mobil untuk tiap segmen juga dipertimbangkan. Mengingat ada segmen yang paling difavoritkan oleh konsumen Indonesia.

Walaupun begitu, TAM merasa kalau pasar otomotif Indonesia perlu beradaptasi dengan kehadiran mobil listrik. Karena mobil bensin sudah memiliki image kuat selama bertahun-tahun. Kemudian, perlu adanya persiapan dalam menyambut era kendaraan listrik. Seperti membangun infrastruktur pendukung, dan lain sebagainya.

Toyota hanya memiliki dua mobil full electric, yaitu RAV4 EV dan iQ EV. Meskipun di tahun 2015 lalu Toyota mengumumkan bahwa mereka akan fokus pada mobil hybrid saja.

Bahkan produsen mobil ini memiliki mobil hydrogen fuel-cell, yaitu Mirai. Toyota bahkan tak ragu untuk bagi-bagi ribuan paten mobil jenis ini, dengan harapan agar mobil hidrogen bisa dikembangkan di seluruh dunia.

Referensi: Kompas.com (19/08/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply