Walau Kerja Sama, Toyota-Suzuki Masih Tetap Saingan

logo kerjasama toyota dan suzuki
(Foto: Autos.id) logo kerjasama toyota dan suzuki

RiderTua Mobil – Toyota dan Suzuki sudah resmi menjalin kerja sama di India. Artinya, keduanya akan saling membantu untuk menyediakan suplai kendaraan untuk masing-masing produsen. Bahkan bisa membuat mobil baru bersama-sama. Walau kerja sama, Toyota-Suzuki masih tetap saingan.

Baca juga: Toyota ‘Ertiga’ akan Ditempatkan di Bawah Innova ?
Toyota logo
(Foto: Autos) Toyota logo

Walau Kerja Sama, Toyota-Suzuki Masih Tetap Saingan

Tetapi bukan berarti kerja sama ini akan berakhir dengan merger seperti Fiat dan Chrysler. Baik Toyota maupun Suzuki akan tetap menjadi saingan di pasar otomotif dunia.

Toyota menegaskan bahwa untuk ke depannya mereka akan tetap bersaing secara ‘adil dan bebas satu sama lain’. Walaupun kerja sama masih terus berjalan di India. Kerja sama tersebut dilakukan ‘untuk mewujudkan mobilitas masa depan yang berkelanjutan sambil menghormati semua hukum yang berlaku’.

Akio Toyoda selaku Presiden Toyota mengatakan bahwa kerja sama bisnis ini akan memberikan daya saing untuk bisa selamat dalam transformasi dunia otomotid. Diharapkan kedua produsen bisa meningkatkan daya saing dan belajar dari satu sama lain.

Toyota dan Suzuki akan saling tukar mobil. Toyota yang me-rebadge Ertiga, Vitara Brezza, Ciaz, dan Baleno. Sementara Suzuki me-rebadge RAV4 dan Corolla dan dijual di Eropa.

Keduanya akan saling berbagi teknologi hybrid dan menyuplai mesin mobil. Dikabarkan keduanya tengah mengembangkan MPV segmen C untuk pasar India.

Be the first to comment

Leave a Reply