Small RS Concept yang Lahir Sebagai All New Honda Brio


ktm indonesia

(Foto: OtoDriver.com)

RiderTua Mobil – Pada pameran IIMS (International Indonesia Motor Show) 2018 bulan April lalu, Honda mengenalkan model Small RS Concept. Mobil ini dikategorikan sebagai city car (mobil kota). Modelnya terlihat agak mirip dengan Jazz yang juga berjenis city car sekaligus juga mirip sama Mobilio. Mobil ini kontan membuat banyak orang penasaran. Small RS Concept yang lahir sebagai All New Honda Brio.

Baca juga: Harga Terbaru Honda Brio, Masih Masuk LCGC ?
(Foto: viva)

Small RS Concept yang Lahir Sebagai All New Honda Brio

Namun beberapa bulan setelahnya, pada pameran GIIAS (Gaikindo International Indonesia Auto Show) 2018 bulan Agustus lalu, Honda meluncurkan All New Brio. Ternyata Small RS Concept tersebut merupakan hasil pengembangan dari Brio. Sepertinya Honda tak main-main dengan model konsep tersebut.

Awalnya banyak orang menduga bahwa Small RS Concept merupakan model city car baru selain Jazz. Tetapi ternyata Honda Prospect Motor (HPM) tidak melanjutkannya karena mobil konsep ini merupakan pembaruan untuk Brio.

Lalu jika Small RS Concept disebut sebagai city car, bagaimana bisa diterapkan pada Brio yang digolongkan sebagai mobil LCGC? Dengan berbagai pertimbangan, tim R&D Honda memutuskan bahwa model Small RS Concept diterapkan pada Brio. Memang mobil ini cukup laris di pasar otomotif nasional, walau penjualannya belum melampaui Calya-Sigra yang juga bermain di segmen LCGC.

(Foto: Detik Oto)

Sebenarnya, dimensi Brio terbaru ini sedikit lebih besar daripada Small RS Concept. Perubahan yang paling menonjol dari Brio generasi kedua ini yaitu ukuran kaca belakang yang dikecilkan. Ini dilakukan setelah HPM menerima banyak laporan dari konsumen mengenai bahaya kaca belakang lebar yang sudah menjadi ciri khas Brio. Jika mobil ditabrak dari belakang, maka pecahan kacanya bisa melukai penumpang belakang.

 

1 Comment

Leave a Reply