Mobil Balap Porsche 935 Ini Hanya Dijual Terbatas


ktm indonesia

(Foto: The Supercar Blog)

RiderTua Mobil – Tahun ini Porsche merayakan hari jadinya yang ke-70. Sudah cukup lama bagi produsen mobil ini melanglang buana di pasar supercar dunia. Berbagai mobil yang diproduksinya selalu membuat pecinta otomotif terpukau. Mobil Balap Porsche 935 ini hanya dijual terbatas.

Baca juga: Porsche 718 Cayman GTS Resmi Meluncur di Indonesia
(Foto: Unique Cars)

Mobil Balap Jadul

Pada acara RennSport Reunion VI di WeatherTech Raceway Laguna Seca California, Amerika Serikat, Porsche mengenalkan mobil balap terbaru bernama Porsche 935. Model ini dibuat untuk menghormati mobil balap legendaris Porsche 935/78 sekaligus merayakan hari jadi Porsche. Mobil inilah yang membuat nama Porsche terkenal sampai sekarang.

Sedikit informasi mengenai Porsche 935/78, mobil balap ini menjadi terkenal di Le Mans pada masanya. Saat itu banyak yang menjulukinya sebagai ‘Moby Dick’ karena memiliki bentuk mobil yang memanjang, fairing besar, warna dasar putih, dan mesin yang buas. Layaknya paus putih raksasa dalam cerita mitos.

Kini Porsche 935 dihadirkan dengan nuansa modern. Meskipun menggunakan desain yang sama, bagian ventilasi udara dan lengkung roda pada fender depan diambil dari Porsche 911 GT3 R. Ditambah dengan sayap belakang, maka 935 bisa mendapat aerodinamis yang seimbang saat melaju dalam kecepatan tinggi.

(Foto: Yahoo Sport UK)

Ada banyak komponen yang diambil dari beberapa mobil balap Porsche. Seperti lampu belakang LED dari 919 Hybrid LMP1, spion dari 911 RSR Le Mans, knalpot titanium dari 908 1968, dan tuas persneling dengan desain kayu laminasi dari 917, Bergspyder 909, dan Carrera GT. Mesin 3.800 cc flat-6 twin turbo ini dipadukan dengan gearbox kopling ganda PDK (Porsche Doppelkupplung) 7 percepatan yang bisa menghasilkan tenaga 700 hp.

Porsche 935 ‘reborn’ ini dijual hanya 77 unit saja dengan harga Rp 12 miliar. Mobil ini sudah dilengkapi dengan PSM (Porsche Stability Management) dan ABS. Bagi pelanggan yang sudah memesan baru mendapatkannya pada bulan Juni 2019. Untuk mereka yang tinggal di Amerika Serikat, mobil ini akan diimpor dan dijual oleh porsche Motorsport North America di Carson, California.

 

Be the first to comment

Leave a Reply