Walau Kembar, Nasib Xenia Berbeda dengan Avanza

great-new-daihatsu-xenia-giias-110th
great-new-daihatsu-xenia-giias-110th

RiderTua Mobil – Konsumen Indonesia pasti sudah tahu kalau duo LMPV Avanza-Xenia ini merupakan ‘saudara kembar’. Keduanya dirakit di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM), hanya saja Avanza kemudian dijual oleh Toyota. Memang serupa, tapi beda nasib. Walau kembar, nasib Xenia berbeda dengan Avanza.

Baca juga: DN Multisix Bukan Penerus XeniAvanza Ini Penjelasannya
(Foto: Bali Tour Culture)

Nasib Berbeda

Walau kembar, baik Xenia maupun Avanza mengalami nasib yang berbeda. Jauh sebelum kehadiran Mitsubishi Xpander, Avanza selalu berada di posisi pertama penjualan LMPV. Sementara Xenia menduduki posisi kedua. Dan begitu seterusnya hingga bertahun-tahun. Seakan tak ada yang mampu menggoyahkan kembaran ini.

Setelah Xpander dirilis, terjadi perubahan posisi peringkat. Kini Xpander menjadi raja LMPV Indonesia, menggeser kedudukan Avanza. Sementara Xenia menempati peringkat keempat LMPV terlaris semester pertama tahun 2018 ini. Posisi ketiga malah ditempati Suzuki Ertiga terbaru. Dan peringkat kelima ada Honda Mobilio. Wuling Confero berhasil duduk di peringkat keenam.

deretan low mpv

Walau penjualan Xenia selama ini terlihat stabil, sebenarnya pernah terjadi penurunan penjualan yang drastis. Bulan Februari 2017 lalu tercatat hanya 3.912 unit yang terjual. Padahal di bulan Januari 2017 bisa terjual hingga 24.969 unit. Namun sejak saat itu, penjualan Xenia tidak bisa tembus sampai 10 ribu unit hingga sekarang. Kisarannya kini hanya 2-3 ribu unit yang terjual akhir-akhir ini.

Namun pada bulan Juli 2018 kemarin, penjualan Xenia naik menjadi 6.766 unit. Memang pada periode Juni-Juli 2018 penjualan mobil sempat agak ‘loyo’, sebelum akhirnya kembali bangkit. Apa ini sudah saatnya untuk di-facelift?

 

Be the first to comment

Leave a Reply