DN Multisix Bukan Penerus XeniAvanza Ini Penjelasannya



Daihatsu-DN-Multisix-Concept-at-GIIAS-2017
Daihatsu-DN-Multisix-Concept-at-GIIAS-2017

RiderTua Mobil – DN Multisix saat dipamerkan di GIIAS 2017 yang lalu banyak mengundang perhatian masyarakat. Modelnya bagus banget, modern dan kekinian. Banyak yang mengira kalau MPV ini kelak merupakan pengganti Xenia atau Avanza. Namun setelah sekian lama Toyota Astra Motor (TAM) mengkonfirmasi kalau DN Multisix bukanlah penggantinya. DN Multisix bukan penerus XeniAvanza ini penjelasannya.

Baca juga: Menanti Daihatsu DN Multisix Diproduksi Massal

Masih Tetap Jadi Line-Up Daihatsu

DN Multisix memang merupakan MPV sama seperti Xenia dan Avanza. Namun TAM melihat kalau DN Multisix berbeda dengan generasi baru Avanza. Karena seperti namanya, Multisix hanya bisa muat 6 penumpang, sementara duo XeniAvanza bisa muat hingga 7 penumpang. Kemudian Multisix menggunakan pengggerak roda depan sedangkan XeniAvanza roda belakang.

Fransiscus Soerjopranoto selaku GM Executive PT. TAM mengatakan

“Seluruhnya tidak mirip (DN Multisix sama XeniAvanza), itu sudah pasti beda”

Dengan adanya dua perbedaan mencolok tersebut, maka jika dihubungkan dengan kedua MPV andalan Daihatsu-Toyota ini dianggap ‘nggak nyambung’. Mungkin dari penjelasan pihak TAM ini akan mengejutkan konsumen, karena DN Multisix sudah dianggap sebagai pengganti XeniAvanza.

Berbicara mengenai generasi baru Avanza, Toyota mengungkapkan kalau saat ini masih dilakukan pengembangan dan melakukan survei lebih lanjut. Nantinya semua itu akan dibawa pada model baru Avanza. ‘Facelift’ terbaru ini tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat, karena masih harus menunggu sampai pemilu dan Pilpres 2019 selesai.

Sementara Daihatsu belum mengkonfirmasi akan ikut Toyota untuk mengubah Xenia. Biar bisa seimbang untuk melawan balik Xpander yang sudah menduduki posisi puncak di segmen LMPV. Apalagi ketika Suzuki sudah me-facelift Ertiga lebih dulu, maka bukan tidak mungkin kalau Daihatsu juga melakukan hal yang sama. Tetapi yang pasti bukan DN Multisix, doi kelihatannya hanya sebagai ‘pendamping’ Xenia saja.



1 Comment

Leave a Reply