Inilah Hasil Uji Tabrak Suzuki Jimny


ktm indonesia

(Foto: www.otobisnis.com)

RiderTua Mobil – Suzuki Jimny hadir kembali ke kancah dunia perotomotifan. Hal ini jelas sangat ditunggu para penggemar Jimny di seluruh dunia. Doi baru-baru ini juga masuk nominasi sebagai mobil terbaik dunia 2019. Namun bagaimana hasil uji tabrak mobil bergaya jeep legendaris ini ?Inilah hasil uji tabrak Suzuki Jimny.

Baca juga: Walau Sama, Mesin Ertiga dengan Jimny Anyar Berbeda

(Foto: Liputan6.com)

Mengecewakan

Agak terkejut dengan data yang dikeluarkan oleh Euro NCAP tentang iju tabrak Suzuki Jimny. Bisa di bilang ini di luar ekspektasi kita. Jimny hanya mendapat 3 bintang (dari 5 bintang) dalam uji tabrak standar Eropa ini.

Suzuki Jimny yang diuji adalah tipe Sierra 1.5L GLX produksi tahun 2018, dengan fitur safety yang menjadi standart bawaan. Hasilnya, Jimny mendapat skor 73 persen untuk penumpang dewasa, 84 persen untuk penumpang anak-anak, 52 persen rentan bagi pengguna jalan dan 50 persen untuk sistem bantuan keselamatan. Penggabungan dari poin tersebut inilah yang kemudian membuahkan hasil akhir 3 bintang untuk Suzuki Jimny.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan Euro NCAP, apabila terjadi tabrakan dari arah depan, samping, dan sisi pengemudi bisa dikatakan hasilnya mengecewakan. Hal ini dikarenakan tekanan udara dari airbag pengemudi tidak cukup mumpuni jika terjadi hantaman. Alhasil, jika terjadi hantaman, kepala dan dada pengemudi bisa langsung membentur setir kemudi.

(Foto: mobil123.com)

Saat tes tabrak dari samping, kompartemen penumpang depan berubah bentuk secara ekstensif. Berarti khusus sekitar rangka pintu hasilnya buruk. Kinerja headrest juga buruk karena tidak bisa memberikan perlindungan hempasan balik kepala saat terjadi benturan atau hantaman dari belakang. Meski begitu, untuk perlindungan terhadap lutut dan paha baik pengemudi maupun penumpang dinilai cukup baik. Begitu juga dengan tes autonomous Emergency Braking atau sistem pengereman mendadak otomatis, hasilnya juga cukup baik.

Meski hasil yang dirilis EURO NCAP terhadap Suzuki Jimny ini mengecewakan namun bagi para penggemar apalagi yang fanatik hal ini tentu tidak terlalu berpengaruh. Buktinya, euforia Jimny terbaru ini menggelora seantero jagad.

Be the first to comment

Leave a Reply