Walau Sama, Mesin Ertiga dengan Jimny Anyar Berbeda


ktm indonesia

RiderTua Mobil – Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja mengenalkan Jimny generasi terbaru kepada konsumen Indonesia di pameran GIIAS 2018 kemarin. Kehadiran SUV legendaris ini langsung jadi sorotan di pameran bergengsi tersebut. Banyak pengunjung yang penasaran ingin melihat pembaruan Jimny lebih dekat. Tak heran jika Jimny terbaru jadi idola di pameran ini. Walau sama, mesin Ertiga dengan Jimny anyar berbeda.

Baca juga: Kembali Hadir, Jimny Anyar Sudah Jadi Incaran Para Jenderal
all new suzuki ertiga
(foto: Liputan6.com) all new suzuki ertiga

Belum Bisa Diproduksi di Indonesia

Ini mungkin pertama kalinya Jimny mendapat pembaruan sejak dikenalkan beberapa tahun yang lalu. Banyak sekali ubahan yang dilakukan mulai dari luar sampai dalam. Terutama pada mesinnya yang juga diperbarui.

Mesin yang digunakan pada Jimny baru ini yaitu jenis K15B. Ternyata mesin ini juga digunakan pada Ertiga anyar. Mesin ini baru dikenalkan kepada publik lewat pembaruan LMPV andalan Suzuki ini pada IIMS 2018 lalu. Keduanya memiliki kapasitas mesin yang sama, yaitu 1.5 liter. Walaupun begitu, ternyata ada perbedaan dari mesin kedua mobil tersebut.

Baik Jimny maupun Ertiga dirakit di dua negara berbeda. Ertiga dirakit di Indonesia sementara Jimny masih berupa unit CBU dari Jepang. Entah apakah ada rencana dari PT. SIS (Suzuki Indomobil Sales) untuk memproduksinya secara lokal, karena mengingat permintaan di Indonesia terhadap mobil ini cukup tinggi.

Lalu perbedaan lainnya yaitu soal standar emisi Euro. Jika mesin Ertiga anyar berstandar Euro 4, maka Jimny sudah menggunakan standar Euro 6. Artinya mencari bahan bakar yang sudah berstandar Euro 6 di Indonesia akan sulit karena kebanyakan masih menggunakan Euro 2 atau 3. Tetapi SIS mengatakan kalau standar tersebut bisa diubah dan menyesuaikan dengan regulasi negara tujuan Jimny.

Sebenarnya ada dua varian Jimny, yaitu standar dan Sierra. Untuk varian standar menggunakan mesin dengan kapasitas lebih kecil dan hanya dijual di Jepang, Sementara Sierra memakai mesin 1.5L dan dijual di luar negeri. Varian inilah yang akan dijual di Indonesia.

(Foto: Liputan6.com)mesin-ertiga-k15b

 

Be the first to comment

Leave a Reply