Misteri Gaikindo yang Kini Lebih ‘Tertutup’, Kenapa ?



(Foto: Carvaganza.com)

RiderTua Mobil – Sudah menjadi tradisi bagi Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) untuk mengumumkan hasil pameran GIIAS setelah event tersebut berakhir. Seperti data pengunjung dan total transaksi pembelian kendaraan biasanya dijelaskan secara rinci. Namun tahun ini berbeda, karena Gaikindo belum mengumumkannya. Agak heran karena ini bukan suatu kebiasaan. Misteri Gaikindo yang kini lebih ‘tertutup’, kenapa ?..

Baca juga: Penyederhanaan Kategori Kendaraan ala Gaikindo Seperti Apa?

Ada Masalah?

Ketika ditanyai mengenai hasil data pameran GIIAS 2018, sebagian petinggi Gaikindo tidak mau menjawab. Meskipun begitu, Ketua Penyelenggara GIIAS Rizwan Alamsyah mengatakan kalau ‘jumlahnya kurang lebih sama seperti GIIAS tahun lalu’. Tetap saja masih kurang dapat menjelaskan lebih dalam lagi.

Hal itu termasuk pada total transaksi yang dilakukan sepanjang pameran. Beberapa produsen otomotif sudah mengumumkan jumlah unit yang terjual. Namun itu sepertinya tidak dapat mengungkapkan keseluruhan data penjualan semua peserta selama pameran berlangsung.

Terakhir Gaikindo mengatakan sepanjang GIIAS 2018 terjadi pemerataan pengunjung. Artinya jumlah orang yang datang lebih merata setiap harinya. Jelas ini beda dengan pameran GIIAS tahun lalu dimana pada akhir pekan jumlahnya bisa membludak. Untuk diketahui, pada akhir pekan selama pameran GIIAS 2018 berlangsung terjadi penurunan jumlah pengunjung. Sementara di hari-hari biasa malah naik 15-20 persen.

Sebenarnya Gaikindo tidak mengumumkan hasil pameran tersebut karena, baik angka pengunjung maupun transaksi bukanlah tolak ukur keberhasilan sebuah pameran. Tetapi kenyamanan pengunjunglah yang paling diutamakan. Walaupun begitu, alasan itu masih belum bisa menjawab ‘misteri’ dibalik tidak transparannya data GIIAS 2018 tersebut.

1 Comment

  1. Suatu yg biasa jd luar biasa karena ngak biasa, pengaruh penurunan karena fasilitas dikurangin serta jarak yg jauh dr penjuru dki

Leave a Reply