Ada Fitur ABS dan EBD di Honda Brio, Mobil LCGC Lainnya Kapan?



(Foto: viva)

RiderTua Mobil – Pada kesempatan di GIIAS 2018, Honda memberi pembaruan pada LCGC Brio. Pembaruan ini tak hanya sebatas pada penampilan luarnya, tetapi juga pada fitur keselamatan. Fitur keamanan seperti ABS dan EBD membuat Brio Satya menjadi satu-satunya LCGC yang memiliki fitur tersebut. Ada fitur ABS dan EBD di Honda Brio, mobil LCGC lainnya kapan ?.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Bagian Belakang Honda Brio Diubah

Fitur Paling Utama pada Mobil

Selama ini, mobil LCGC memang harganya cukup murah dibanding MPV. Tetapi ada masalah dimana fitur keselamatannya amat minim daripada mobil jenis lainnya. Itulah sebabnya banyak konsumen yang terkadang meragukan hal tersebut saat membeli mobil jenis ini. Murah sih, tapi aman ?

Untuk menjawab masalah tersebut itulah Honda memberi fitur ABS (Anti-lock Brake System) dan EBD (Electronic Brake Distribution). Dengan begitu konsumen bisa melirik kembali Brio Satya yang reputasinya sempat terpuruk karena persaingan yang ketat. Lalu apakah model LCGC lain akan melakukan hal yang sama?

Fitur ABS dan EBD di Honda Brio

Sebenarnya fitur tersebut sudah ada, namun biasanya di varian tertinggi dimana harganya juga tinggi. Seperti Agya tipe 1.2 TRD dan juga Sigra. Tetapi sepertinya fitur tersebut hanya sebatas pada varian tertinggi, bukan secara menyeluruh. Artinya Ayla dan mobil LCGC selain Agya dan Sigra belum memiliki fitur tersebut. Honda memberi fitur ABS dan EBD pada semua varian tanpa terkecuali termasuk Brio Satya terbaru.

Menanggapi hal ini, Daihatsu mengatakan kalau permintaan pasar akan fitur ABS dan EBD masih kecil sehingga belum bisa dibawa pada Ayla maupun model LCGC lainnya.

But the way anyway busway, padahal fitur keamanan tersebut sangatlah penting untuk menghindari kecelakaan atau tabrakan. Bukankah seharusnya fitur keamanan tersebut jadi piranti wajib yang ada di setiap kendaraan yang diproduksi apapun kelasnya. Ini hubungannya sama nyawa, Pak Bos !

Be the first to comment

Leave a Reply