Suzuki Jimny Anyar Tiru Desain Jeep Rubicon, Apa Iya?

(Foto: AutonetMagz)

RiderTua Mobil – Pada pameran GIIAS 2018 kali ini, Suzuki Indomobil Sales (SIS) memajang Jimny teranyar. Kembalinya SUV legendaris ini langsung menjadi pusat perhatian di booth Suzuki. Bahkan Presiden Joko Widodo menyempatkan diri melihat dari dekat ke mobil yang menjadi mobil pertamanya dulu. Suzuki Jimny Anyar tiru desain Jeep Rubicon..

Baca juga: Kembali Hadir, Jimny Anyar Sudah Jadi Incaran Para Jenderal

Bukan Plagiat

Model desainnya sudah berbeda dengan varian lawas. Meskipun begitu, kesan SUV tidak menghilang begitu saja. Namun ada konsumen yang mengatakan kalau desainnya mirip dengan Jeep Rubicon ataupun Daihatsu Taft. Ada juga yang mengatakan Suzuki meniru desain dari Jeep.

Mendengar tanggapan dari konsumen tersebut, SIS mengatakan kalau mereka tidak sama sekali melakukan ‘plagiat’ terhadap merek lain yang pernah menjadi saingan Jimny. Suzuki sudah merancang pembaruan pada model tersebut sejak lama. Tak ada plagiat atau hal lainnya, semua dikerjakan oleh desainer Suzuki sendiri.

Harold Donnel selaku Head of Brand Development and Marketing Research PT. SIS mengatakan

“Jimny generasi ke-4 ini telah dikembangkan jauh-jauh hari, ajdi kami pun bisa memastikan bahwa secara desain murni hasil karya desainer Suzuki”

Model terbaru untuk Jimny generasi keempat ini merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya. Jadi tak ada alasan kalau ada yang menyebut Suzuki ‘dituduh’ melakukan plagiat terhadap mobil sejenisnya. Bisa jadi itu kebetulan saja, mengingat Jimny, Rubicon, dan Taft berada di segmen yang sama.

Baik Jimny, Rubicon, dan Taft merupakan SUV legendaris di Indonesia. Meskipun kini model lawasnya tidak banyak ditemukan, peminatnya masih cukup banyak. Taft sudah tidak terdengar lagi kabarnya, Jimny lahir kembali dengan menawarkan fitur-fitur modern. Sementara Rubicon masih diminati meski harganya jauh lebih mahal daripada Jimny.

(Foto: Cyphoma)

Be the first to comment

Leave a Reply