Ignis Masih Rajai Segmen City Car di Semester Pertama 2018



suzuki ignis 2017
suzuki ignis

RiderTua mobil – Hasil penjualan selama semester pertama tahun 2018 dari Gaikindo sudah dirilis. Kali ini kita kulik segmen mobil kota alias city car. Penjualan di segmen ini cukup bagus, meski tidak sepopuler segmen MPV dan SUV. Ignis masih rajai segmen city car di semester pertama 2018.

Baca juga: Suzuki Ignis Tampil Beda di IIMS 2018 Curi Perhatian

Semakin Tak Terkejar

Dari hasil penjualan city car tersebut, Ignis masih menduduki posisi pertama dengan 7.659 unit terjual dan menguasai 43,03 persen segmen city car. Ignis tetap diminati konsumen Indonesia walaupun statusnya CBU (Completely Bulid-Up) dari India. Lagipula sudah setahun Ignis hadir di Tanah Air.

Di posisi kedua ada Honda Brio dengan total 5.887 unit terjual dengan pangsa segmen 33,07 persen. Selama ini Brio memimpin segmen city car sebelum Ignis datang. Posisi ketiga ada Datsun Cross yang terjual 2.248 unit. Memang angka ini tidak sebesar Ignis dan Brio, tapi lumayanlah untuk mobil yang baru dirilis. Sayang akhir-akhir ini penjualannya terus menurun.

Nissan March menduduki peringkat keempat dengan penjualan sebesar 979 unit dan pangsa 5,50 persen, Daihatsu Sirion 590 unit dan pangsa 3,31 unit, Mitsubishi Mirage 259 unit, Hyundai i10 58 unit, dan sisanya sebesar 125 unit. Penjualan tersebut tidak sampai seribu unit, karena persaingan yang sengit.

Sementara Toyota Etios Valco, Kia Picanto, Suzuki Celerio dan Splash tak tercatat adanya penjualan. Ini karena keempatnya sudah dihentikan produksinya. Emang sayang jika Etios harus berhenti sedangkan saudaranya Sirion masih terus bertahan. Tapi apa boleh buat, penjualannya yang menurun drastis memaksa Toyota menyuntik mati Etios.

Be the first to comment

Leave a Reply