Mobil Balap Tanpa Pengemudi Unjuk Gigi di Goodwood



(Foto: AutoBlog)

RiderTua mobil – Saat ini kompetisi mobil balap menjadi salah satu acara yang seperti tidak boleh dilewatkan dan semakin banyak penggemarnya. Karena penonton bisa melihat kelihaian sang pembalap dalam mengendalikan mobilnya plus saling kejar dan saling pepet. Tapi apa jadinya kalau mobil balap tersebut ternyata tak ada pengemudinya?Mobil balap tanpa pengemudi unjuk gigi di Goodwood.

Baca juga: Mobil Balap 2 Stroke V6 Mesin Speed Boat.. Ngebul Maksimal !!!

‘Tamiya Jaman Now’

Ini benar-benar terjadi di Goodwood Festival of Speed yang diselenggarakan beberapa hari yang lalu. Ketika itu para pengunjung dibuat kagum sekaligus heran dengan adanya mobil balap tanpa pengemudi. Dinamakan Roborace, mobil ini dites di sirkuit Goodwood untuk membuktikan kemampuannya. Inilah mobil Tamiya sebenarnya, hehe…

Roborace menggunakan sistem AI (Artificial Intelligence) untuk mengendalikan mobil. Untuk bisa merakit mobil secanggih ini memang tidaklah mudah. Selain waktu yang lama, sistem harus diprogram terlebih dahulu agar tidak sembarangan ngebut di sirkuit. Peralatan pendukung Roborace yang digunakan seperti kamera 360 derajat, 4 motor elektrik yang bertenaga 500 tk, prosesor komputer, radar, GPS, ultrasonik, dan sensor kamera.

Di acara kemarin, Roborace ditantang untuk memutari sirkuit disana. Namun kecepatannya dibatasi hingga 120 km/jam saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Alhasil para pengunjung tak bisa melihat hasil kecepatan tertingginya di sirkuit. Sirkuit Goodwood memiliki berbagai tantangan yang bisa mempersulit tim teknisi Roborace, seperti sirkuit yang sempit hingga belokan dan tanjakan yang banyak tertutup pepohonan.

Tak hanya Roborace yang menjadi mobil otonom disana. Ada juga Siemens Mustang 1965 yang sudah dimodifikasi dengan berbagai teknologi otonom pendamping pengemudi. Memang zaman sudah semakin maju, tetapi meski sistem AI terlihat aman tapi pasti ada sisi negatif atau resikonya.

Be the first to comment

Leave a Reply