Mobil Balap 2 Stroke V6 Mesin Speed Boat.. Ngebul Maksimal !!!

Mobil balap 2 stroke
Mobil balap 2 stroke

Mobil Balap 2 Stroke V6 Mesin Speed Boat

Gambar diatas adalah mobil peserta balap hill climb championship di Spanyol. Aslinya mobil ini adalah BMW M12 / 7 namun mesinnya diubah menjadi mesin Powerboat Fonda Series dengan spesifikasi EFI-Mercury 2000cc 2-stroke V6.
Walau awalnya ini merupakan mesin dengan 6 karburator kemudian disempurnakan dengan Fuel injection (FI) System sehingga perlu beberapa penyesuaian perubahan tekanan udara. Termasuk juga dengan perubahan di sektor saluran gas buang demi mendapatkan power maksimum dan juga torsi badak dari mesin 2 Tak / 2 stroke. Torsi maksimun yang bisa diraih adalah 36MKg. Hal ini wajar karena ini adalah mobil balap 2 Stroke V6 mesin Speed Boat


Mobil Balap 2 Stroke V6 Mesin Speed Boat

Mesin Speed Boat

Posisi mesin dibuat vertikal hal ini dibutuhkan karena adanya konsepsi motor itu sendiri dan pelumasan dilakukan melalui campuran bahan bakar yang dibutuhkan (bensin campur) 😀 .
Faktor lain adalah masalah ukuran mobil yang juga mendapat perhatian. Berikutnya pendinginan ekstra juga diperlukan dengan radiator tambahan yang dipasang namunternyata tidak cukup untuk memenuhi kondisi normal mesin yang dirancang untuk kapal cepat(Speed Boat). Piston diubah untuk mengakomodasi sistim “floating” yang disebabkan oleh panas ekstra ini. Cukupsulit tapi berhasil dengan jarak rendah yang biasa dipakai untuk mesin 2-tak.

Mobil Balap 2 Stroke V6 Mesin Speed Boat

Larangan Regulasi baru 2 Tak

Mobil itu memenangkan beberapa perlombaan balap hillclimbs selama tahun pertama balap. Namun pihak berwenang Spanyol mengubah peraturan dimana tidak memperbolehkan mobil balap dengan type 2 tak dan mewajibkan mesin 4 tak. Walau berakhir menyedihkan mobil balap ini telah menjadi bagian dari mobil balap paling gila dengan tenaga dan suaranya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*