Target Penjualan Kendaraan di GIIAS Tahun Ini



pameran-mobil

RiderTua mobil – Pameran GIIAS (Gaikindo International Indonesia Auto Show) 2018 kali ini akan menjadi tahun yang penuh dengan kejutan. Karena produsen mobil sudah menyiapkan sesuatu yang baru bagi konsumen. Atau hanya ingin mengenalkan kembali modelnya yang sudah dikenal luas. Target penjualan kendaraan di GIIAS tahun ini.

Baca juga: Ada Kejutan yang Disiapkan Suzuki untuk GIIAS 2018

Hati-Hati Dolar Terus Naik

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Gaikindo akan memasang target penjualan kendaraan selama pameran. Tak tanggung-tanggung, tahun ini mereka menarget 1,1 juta unit kendaraan terjual. Lha, kenapa harus mematok setinggi itu?

Gaikindo berani melakukannya karena melihat dari penjualan kendaraan saat ini. Dari bulan Januari sampai Mei, tren positif masih terlihat di data penjualan. Meskipun sebenarnya dengan adanya pemilu dan Pilpres mendatang akan mempengaruhi penjualannya, tetapi mungkin tidak terlalu signifikan. Apalagi pada moment GIIAS tahun ini banyak produsen yang berencana akan mengeluarkan produk baru.

Sebenarnya kenaikan suku bunga tidak terlalu berpengaruh terhadap harga mobil. Yang patut diwaspadai oleh produsen otomotif yaitu nilai tukar mata uang dolar. Semakin naiknya nilai tukar dolar terhadap rupiah yang akhir-akhir ini terjadi, bisa-bisa mempengaruhi harga jual mobil. Kalau semakin mahal, maka penjualan akan menurun karena konsumen enggan membeli. Pengecualian mungkin berlaku untuk Wuling dan DFSK Sokon yang mana harganya tetap stabil karena perputaran bisnisnya menggunakan mata uang yuan, bukan dolar seperti kebanyakan produsen lainnya.

Lima bulan pertama di tahun ini, penjualan mobil sudah mencapai 494.917 unit. Terlihat adanya kenaikan sebesar 5,62 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 467.117 unit. Walaupun sebenarnya masih tertinggal cukup jauh dari penjualan sepeda motor yang mencapai lebih dari 3 juta unit.



Be the first to comment

Leave a Reply