Toyota TownAce, ‘Klon’ GranMax yang Tak Dijual ke Indonesia


ktm indonesia

(Foto: kompas otomotif)

RiderTua mobil – Daihatsu dan Toyota sudah dikenal konsumen Indonesia sebagai aliansi produsen otomotif besar. Keduanya memiliki jajaran mobil yang memiliki kemiripan alias kembar. Seperti XeniAvanza, Terios-Rush, Calya-Sigra, dan Agya-Ayla. Tapi apa hanya itu saja ?Ternyata ada mobil lain yaitu Toyota TownAce, ‘klon’ GranMax yang tak dijual ke Indonesia.

Baca juga: Daihatsu dan Toyota Saling Bagi Produksi Mobil
(Foto: daihatsu padang)

Kembaran Yang Terpisah

Sebenarnya keduanya memiliki mobil niaga atau MPV boxy yang juga kembar. Jika Daihatsu punya GranMax, Toyota punya LiteAce dan TownAce. Tetapi hanya MPV boxy Toyota saja yang tak pernah dijual di Indonesia.

Kalau dilihat, GranMax dan TownAce memiliki model yang sama persis. Ini karena keduanya dirakit oleh Daihatsu sendiri, kemudian oleh Toyota tinggal beri logo dan nama yang berbeda. Mobil ini juga sama-sama menggunakan mesin 1.500 cc.

Tetapi berbeda dengan kembarannya yang lain, keduanya dijual secara terpisah. LiteAce dan TownAce hanya dijual di Jepang sementara GranMax di Indonesia. Meskipun begitu, baik LiteAce maupun TownAce memiliki performa penjualannya terbilang lumayan di Jepang. Penjualan TownAce sebesar 1.374 unit dan LiteAce 454 unit. Dengan ini keduanya masuk dalam 10 mobil ‘Made in Indonesia’ yang laris d luar negeri.

Meskipun berjuang sendiri-sendiri di negara yang berbeda, tapi mereka berhasil eksis. Kalau TownAce dan LiteAce dijual di Indonesia, kira-kira laku enggak ya ? Mengingat penjualan GranMax terbilang bagus di Indonesia. Ini karena GranMax dan TownAce memiliki model dan mesin yang sama persis.

Be the first to comment

Leave a Reply