Periode Januari-Juni 2018 : Persaingan Panas PCX vs Nmax, Hampir 3 Kali Lipat !



Honda PCX 150 Lokal Vs Yamaha Nmax
Honda PCX 150 Lokal Vs Yamaha Nmax

RiderTua mobil – Segmen motor matik saat ini menjadi penyumbang penjualan sepeda motor terbesar di Indonesia. Tercatat ada 2.520.315 unit terjual selama semester pertama tahun ini dari total keseluruhan 3.002.753 unit. Artinya hampir 90 persennya dikuasai motor matik. Persaingan panas PCX vs Nmax di segmen skutik bongsor.

Baca juga: Honda Bernafsu Sikat NMax.. Seperti Yang Sudah-Sudah… PCX Patut Diperhitungkan !

Belum Ada Lawan Lain?

Namun ada satu segmen motor matik yang paling banyak disorot, yaitu skutik bongsor mesin 150 cc. Disini ada Honda PCX dan Yamaha Nmax. Memang hanya ada dua motor saja yang berada di segmen ini dan belum ada lawan lainnya yang muncul ( Suzuki).

Sementara belum ada lawan lain, keduanya menunjukkan persaingan yang sengit. Selain sama-sama skutik bongsor, PCX dan Nmax memiliki kisaran harga dengan selisih yang tidak jauh. Apalagi keduanya juga memiliki keunggulannya masing-masing.

Harga Honda PCX Lebih Murah dari Nmax
Harga PCX dan Harga Nmax

Penjualan Nmax Hampir 3 kali lipat PCX

Jika dilihat dari penjualannya pada periode Januari-Juni 2018, Nmax terjual hingga 199.862 unit dan PCX hanya 72.411 unit. Terlihat selisih angka yang cukup jauh yang hampir mendekati 3 kali lipatnya. Sebenarnya PCX muncul lebih dulu dibanding NMax, tetapi harganya saat itu jauh lebih mahal (karena harus impor) membuat konsumen enggan membelinya. Tetapi setelah kedatangan saingannya Nmax, barulah PCX dibuat lokal dan harga PCX diturunkan agar bisa seimbang melawan NMax.

Meskipun keduanya merupakan motor skutik bongsor 150 cc, tetapi jika dilihat dari jenis mesinnya yang berkapasitas 150 cc, masih ada Honda Vario 150, Honda SH150i, dan Yamaha Aerox. Untuk Honda SH150i terlihat kurang diterima pasar dan hanya terjual dua unit saja. Kurangnya pengenalan model ini ke konsumen yang mungkin menjadi penyebabnya atau trend konsumen ?



1 Comment

Leave a Reply