Daihatsu dan Toyota Saling Bagi Produksi Mobil


ktm indonesia

aliansi-toyota-daihatsu
(Foto: Auto.ndtv.com) aliansi-toyota-daihatsu

RiderTua mobil – Di Indonesia, Daihatsu dan Toyota dikenal sebagai produsen mobil yang terkenal dengan mobil yang kembar. Seperti LMPV XeniAvanza dan LSUV Terios-Rush. Memang karena keduanya menjalin kerjasama sebagai satu aliansi. Salah satu kerjasama tersebut diwujudkan dalam berbagi platform. Tak heran jika Daihatsu dan Toyota saling bagi produksi mobil.

Baca juga: Aliansi Toyota-Suzuki Saling Tukar Logo, Loh Kok ?

Saling Silang Produksi 

Berbagi platform memang bukanlah hal baru di dunia otomotif. Ada aliansi lain seperti trio Renault-Mitsubishi-Nissan yang akan melakukan hal yang sama. Hasilnya konsumen pasti akan langsung mengenalinya karena modelnya yang sama persis atau hampir mirip satu sama lain.

Tak hanya itu saja, Daihatsu-Toyota juga memproduksi mobil secara bersama-sama. Tetapi mobil yang diproduksi sebenarnya berbeda. Seperti Daihatsu yang memproduksi Avanza, Agya, Calya, dan Rush. Sementara Toyota memproduksi Xenia, Ayla, Sigra, dan Terios. Bahkan Daihatsu memproduksi mobil Toyota yang selanjutnya diekspor ke luar negeri.

Namun ada hal yang unik dibaliknya. Kenyataannya mobil yang dijual baik Toyota dan Daihatsu di Indonesia adalah kebalikan dari kedua merek ini. Hal ini sudah dilakukan dari awal di Jepang sebelum masuk ke pasar Indonesia. Jadi jajaran mobil Toyota di Indonesia adalah milik Daihatsu dan begitu juga sebaliknya. Kayaknya punya loe punya gue deh !

Ini bisa terlihat juga dari aliansi Toyota-Suzuki di India. Keduanya sudah sepakat untuk saling ‘tukar merek’ mobil hanya berlaku di Negeri Bollywood ini. Jadi jangan bingung kalau menemukan mobil Toyota seperti Corolla dan Yaris berlogo Suzuki dan S-Cross berlogo Toyota disana.

Be the first to comment

Leave a Reply