Aliansi Toyota-Suzuki Saling Tukar Logo, Loh Kok ?

kerjasama suzuki-toyota
(Foto: The Economic Times) kerjasama suzuki-toyota

RiderTua Mobil РMembentuk aliansi atau kerjasama sesama produsen di dunia perotomotifan saat ini memang jamak terjadi. Alasannya biar hemat biaya riset dan pengembangan produk. Hal ini juga dilakukan duo perusahaan otomotif raksasa Toyota dan Suzuki. Aliansi Toyota-Suzuki saling tukar logo, piye tho maksude ?

Baca juga: Kolaborasi Toyota-Suzuki Belum Bisa Terwujud di Indonesia

Saling Tukeran

Kolaborasi antara dua perusahaan Toyota dan Suzuki ini emang belum sampai merambah ke Indonesia. Di India, mereka berdua kompak untuk saling tukeran logo. Jadi gini maksudnya, Toyota berhak menjual model yang dipunya Suzuki dan begitu pula sebaliknya Suzuki boleh menjual mobil bikinan Toyota. Tentu logonya dituker dulu.

Tak semua model sih, hanya model tertentu saja. Yaitu Suzuki Baleno dan Vitara Brezza akan menggunakan logo Toyota dan Toyota Corolla akan ganti logo menjadi Suzuki. Corolla Suzuki ini akan menempati kelas diatas Suzuki Ciaz.

Jangan heran jika di jalan bertemu Baleno atau Vitara Brezza yang pakai logo Toyota atau Corolla pakai logo Suzuki. Atau istilahnya rebadge (perubahan logo). Kemungkinannya sih desain eksterior yang digunakan tidak akan plek sama seperti aslinya. Ada sedikit perubahan di bagian bumper, grille dan lampunya. Untuk urusan mesin, transmisi dan sasis tetap pakai yang asli tidak berubah sedikit pun.

Tak hanya tukeran logo, Toyota dan Suzuki juga berencana akan berbagi teknologi hybrid. Dan wacananya akan ada 3 model mobil hybrid hasil ‘perkawinan’ ini yang rencananya akan meluncur pada kuartal kedua di tahun 2019 mendatang.

 

Be the first to comment

Leave a Reply